Ribuan Bibit Pohon Ditanam dalam Puncak Perayaan Bulan Bung Karno di Jogja

KBRN, Yogyakarta : DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta kembali melakukan aksi sosial berbagi dan menanam ribuan pohon buah di 14 wilayah Kemantren di Kota Yogyakarta.

Penanaman ribuan bibit pohon buah dan berbagi pupuk kepada warga Yogyakarta sekaligus menjadi puncak peringatan Bulan Bung Karno tahun 2022 yang menandai 'Jogja Nandur' jilid 3.

Ketua Panitia JogjaNandur jilid 3, Susanto Dwi Antoro mengatakan, berbagai kegiatan dilakukan dalam merayakan bulan Bung Karno diantaranya karnaval cinta Pancasila, seminar, pelatihan.

Sedangkan pada puncaknya, menurut Susanto, DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta membagikan  2.335 pohon buah alpukat ijo dan 250 sak atau sekitar 1,5 ton pupuk organik.

 "Diantaranya 1400 bibit dilaksanakan oleh kader kader yang telah mendapatkan penyuluhan dari ahli pertanian di 14 kecamatan. Sisanya diperuntukkan guna memenuhi permintaan masyarakat khususnya yang berminat dengan pertanian di Kota Jogja," katanya, Minggu (3/7/2022).

Kegiatan yang serentak dilakukan ke 14 wilayah Kemantren di kota Yogyakarta kali ini secara simbolis ditandai dengan pembagian bibit dan pupuk di Mantrijeron kepada seluruh pengurus anak ranting, PAC dan DPC PDI Perjuangan. 

Ikut hadir dalam seremonial penyerahan bibit buah ke perwakilan warga, Camat Mantrjeron Afrio Sunarno, Lurah Bambang Purwandono dan Ketua RW 14 Wihandono dan anggota kelompok wanita tani KWT setempat. 

Sementara itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Yogyakarta Eko Suwanto menyatakan, aksi nyata penanaman ribuan bibit buah dan pembagian pupuk ini sekaligus menjadi bentuk komitmen dalam menjaga kelestarian alam terutama di Kota Yogyakarta dan sekaligus upaya mendukung kebermanfaatan dari hasil buah yang ditanam masyarakat ke depannya, baik dari sisi kesehatan, pemenuhan pangan maupun perekonomian.

DPC PDI Perjuangan Yogyakarta membawa amanat untuk mencintai lingkungan yaitu kerja kongkrit dengan langkah menyelamatkan lingkungan, menyehatkan  seluruh bangsa.

Eko Suwanto menyebutkan, #JogjaNandur itu menanam bermakna kebaikan, merawat hidup. 

Pohon alpukat yang ditanam kala panen dan berbuah nanti bisa beri nilai tambah, buah alpukat sangat baik jaga kesehatan kita dan punya nilai ekonomi. 

"Alhamdulillah ini ketiga kalinya tahun 2022. Insya Allah diteruskan ke depan. Sejak tahun 2020 hingga sekarang sudah tertanam 7500 an pohon di seluruh wilayah Yogyakarta," kata Eko Suwanto.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar