Gelar Khitanan Ceria, Penjabat Walikota Harapkan Anak Jogja Berbudi Pekerti Luhur

KBRN, Yogyakarta : Pemerintah Kota (Pemkot) bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Yogyakarta menggelar acara Khitan Ceria Anak Sholeh ke-14, di Masjid Diponegoro Balaikota, Sabtu (25/6/2022). 

Kegiatan yang diikuti oleh 225 anak se-Kota Yogyakarta itu merupakan salah satu bentuk pelayanan kepada masyarakat dalam upaya membantu warga yang kurang mampu.

Ketua Baznas Kota Yogyakarta, Syamsul Azhari mengatakan, kegiatan rutin yang digelar setiap tahunnya ini sudah dilaksanakan ke-14 kali.

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, khitanan bagi anak sama sekali tidak dipungut biaya, mengingat kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk pelayanan pemerintah untuk pemenuhan kebutuhan umat agama Islam, sekaligus perhatian dan pembinaan terhadap anak-anak di Kota Yogyakarta.

"Ini adalah sebagai wujud pelayanan kesehatan kepada jamaah muslim dan warga masyarakat di Kota Yogya Yogyakarta, serta membantu masyarakat yang kurang mampu," katanya. 

Sementara itu Penjabat Walikota Yogyakarta, Sumadi menyambut baik acara khitan ceria anak yang digelar rutin setiap tahun tersebut. Menurutnya, pelaksanaan acara tersebut dapat memberikan harapan besar bagi terbentuknya pribadi anak yang mengedepankan kesempurnaan akhlak. 

Khitan dijelaskan Sumadi, merupakan kewajiban bagi laki-laki muslim yang harus dilakukan bagi anak-anak yang memasuki masa akhil baliq. Dari masa inilah mereka akan mengalami berbagai perubahan baik fisik maupun mental. 

"Sebagai generasi penerus, mereka perlu mendapatkan bimbingan agar dapat berperilaku positif dan menghindari tindakan yang kurang terpuji," ujarnya.

Sumadi juga berpesan kepada seluruh orang tua, agar selalu melakukan pengawasan dan pembinaan kepada anak-anaknya. 

"Anak-anak tetap harus lebih banyak dibina oleh orang tua sehingga bisa terkontrol, terarah dan menjadi manusia yang dibutuhkan dan bermanfaat bagi masyarakat," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar