Jam Malam Anak Diterapkan, Bangun Interaksi Anak dengan Keluarga

Penjabat Walikota Yogyakarta, Sumadi

KBRN, Yogyakarta : Pemerintah Kota Yogyakarta menerapkan aturan jam malam bagi anak-anak mulai pukul 22.00-04.00 WIB. Hal tersebut sesuai Peraturan Walikota nomor 49 tahun 2022 tentang Jam Malam Anak, yang ditetapkan bulan April 2022.

Selain anak meminimalkan anak keluyuran malam, juga sebagai upaya menekan angka kasus kejahatan jalanan maupun anak berhadapan dengan hukum.

Penjabat Walikota Yogyakarta, Sumadi mengatakan, jam malam yang diberlakukan di Kota Yogyakarta dimaksudkan agar interaksi sosial anak dengan keluarga maupun tetangga dapat semakin meningkat dan harmonis.

Mengingat ditambahkan Sumadi, selama ini permasalahan anak berhadapan dengan hukum maupun kejahatan jalanan berdasarkan survei bukan muncul karena kurangnya interaksi anak dengan keluarga.

Disamping itu, menjalin interaksi dengan masyarakat nilai-nilai sosial dapat terbangun.

"Maka kita mencoba untuk menghidupkan kembali interaksi keluarga, maka kita beri batasan anak tidak boleh keluar malam," kata Sumadi, Jumat (24/6/2022).

Ditambahkannya, keterlibatan dalam pelaksanaan jam malam tidak hanya melibatkan Satuan Polisi Pamong Praja sebagai pengawasan, akan tetapi juga melibatkan jajaran kepolisian.

Bahkan menurut Sumadi, untuk menekan persoalan-persoalan yang muncul dari anak berhadapan hukum akan melibatkan Organisasi Perangkat Daerah.

"Misal dari Kesbangpol, mereka ada sinau Pancasila. Jadi harapannya pendidikan Pancasila tidak hanya dijejali teori tapi dikemas dalam suatu permainan yang menarik dan dapat menumbuhkan semangat Pancasila," imbuhnya.

Sedangkan di sekolah dapat dilakukan dengan muatan lokal, maupun menanamkan pendidikan budi pekerti. Bahkan diungkapkannya, keterlibatan masyarakat sangat penting dalam turut membangun budi pekerti anak-anak/remaja.

"Mari sekarang ini kita dandani bareng-bareng," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar