Mengenang Peristiwa Jogja Kembali 29 Juni '49

Mengenang Peristiwa Jogja Kembali Melalui Upacara

KBRN, Yogyakarta : Peristiwa ‘Jogja Kembali’ merupakan salah satu peristiwa penting mengenai awal berdirinya NKRI.

Nama Yogya Kembali diambil sebagai pertanda peristiwa sejarah ditariknya tentara pendudukan Belanda dari Ibu Kota Yogyakarta pada tanggal 29 Juni 1949 dan kembalinya Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta dan petinggi lainnya pada tanggal 6 Juli 1949 di Yogyakarta.

Dari kejadian tersebut, akhirnya bangsa mampu bebas dari belenggu penjajahan Belanda, dan Yogyakarta pun kembali ke pangkuan Republik Indonhesia.

Untuk mengenang peristiwa Jogja Kembali, Paguyuban Wehrkreis III Yogyakarta akan menyelenggarakan Upacara Peringatan Ke-73 di Depan Tetenger Jogja Kembali, tepatnya di Trotoar Jl. Malioboro, Suryatmajan, Danurejan, Yogyakarta pada hari Rabu, 29 Juni 2022.

Sebagai bentuk penghormatan kepada pejuang yang telah gugur, sehari setelah dilaksanakannya Upacara Peringatan maka dilakukan Ziarah ke TMP Kusumanegara Yogyakarta.

Ketua Badan Pengurus Cabang Paguyuba Wehrkreis Daerah Perlawanan III Yogyakarta, Sudjono menyatakan bahwa upacara ini nantinya akan dihadiri oleh kurang lebih 250 peserta yang diselenggarakan secara sederhana.

“Saat ini yang generasi muda panggul bukanlah senjata, namun semangat untuk selalu berkarya dan semangat dalam mengisi kemerdekaan sebagai manusia yang bisa bermanfaat untuk sesama,” ucapnya, Kamis (23/06/22).

Melalui peringatan Jogja kembali, ia berharap dapat menggugah rasa nasionalisme dan jiwa patriotisme generasi muda untuk meneruskan dan mewujudkan cita cita bangsa Indonesia. (davit-andry).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar