Sosialisasi Bahaya Kejahatan Jalanan Anak di Bawah Umur

KBRN, Yogyakarta : Sertu Surono selaku Babinsa Kelurahan Tegalrejo Koramil 02/Tegalrejo menghadiri Sosialisasi Bahaya Kejahatan Jalanan yang diindikasi banyak dilakukan terhadap anak di bawah umur, Minggu, (22/05/2022).

Pada kesempatan itu, Dwi Budiantoro (Wakil Ketua DPRD TK. I Propinsi DIY), sekalu narasumber dalam materinya beliau menyampaikan terkait kejahatan jalanan yang sering terjadi dan dilakukan pada anak di bawah umur.

“Ini seharusnya bisa dikoordinasikan dengan OPD terkait khususnya yang menangani hal tersebut. Namun meski demikian, orang tua harus mempunyai andil dalam membimbing dan memperhatikan keselamatan anak,” tuturnya.

Sementara Rahmat Setiabudi, selaku narasumber ke-2 perwakilan dari Kantor Bagian Hukum Kota Yogyakarta mengungkapkan bahwa, perihal kejahatan jalanan yang sering terjadi dan menimpa anak di bawah umur khususnya para siswa/i di tingkat SMP dan SMA hendaknya mendapat perhatian oleh para guru nya di sekolah.

Sedangkan menurut narasumber yang ke 3, yaitu Suwarno selaku Kabid Ketertiban dari Kantor Sat Pol PP Kota menyampaikan, pihaknya kini sudah banyak membuat inovasi untuk menangani kejahatan anak di bawah umur, yaitu dengan cara bekerjasama dengan berbagai pihak mulai pihak Kemantren, Kelurahan, Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan tokoh masyarakat dengan membentuk Kampung Panca Tertib.

“Kampung Pan ca Tertib dengan tujuan agar semua pihak dapat bekerja sama dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan di wilayah menurut melurahan masing-masing,” jelasnya.

Di sisi lain, Babinsa Sertu Surono mengatakan, dengan adanya sosialisasi ini di harapkan semua unsur baik itu para orang tau, Guru, dan Pemerintah setempat bisa lebih giat dan tanggap dalam memberikan arahan kepada anak-anak, terlebihnya terhadap anak usia sekolah demi meminimalisir tindak kejahatan kriminal yang terjadi di jalanan khususnya di Wilayah Kota Yogyakarta.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala sekolah SMP dan SMA se-Kemantren Tegalrejo, Babinkamtibmas, Pejabat Lurah,  Tokoh Masyarakat, serta Linmas se-Kemantren Tegalrejo.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar