Kota Yogyakarta Siap Ikuti Pelonggaran Pemakaian Masker

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi

KBRN, Yogyakarta : Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memperlonggar penggunaan masker terutama ketika beraktivitas di luar ruangan atau area terbuka.

Dikutip setkab.go.id, Pemerintah memperbolehkan masyarakat tidak menggunakan masker ketika beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang.

Sedangkan bagi masyarakat yang masuk kategori rentan, lansia atau memiliki penyakit komorbid, maka Presiden tetap menyarankan untuk menggunakan masker saat beraktivitas.

Demikian juga bagi masyarakat yang mengalami gejala batuk dan pilek, maka tetap harus menggunakan masker ketika melakukan aktivitas.

Sementara bagi pelaku perjalanan dalam negeri dan luar negeri yang sudah mendapatkan dosis vaksinasi lengkap, maka sudah tidak perlu lagi untuk melakukan tes swab PCR maupun antigen.

Menanggapi pernyataan Presiden Jokowi tersebut, Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi memastikan, Pemerintah Kota Yogyakarta akan mengikuti regulasi kebijakan pemerintah yang diatasnya.

"Ya, kita juga akan terapkan untuk bisa membuka masker di area terbuka," kata Heroe di Yogyakarta, Selasa (17/5/2022).

Meski nantinya diperbolehkan membuka masker dengan ketentuan yang disampaikan, akan tetapi Heroe tetap menghimbau, agar masyarakat yang sudah merasa nyaman mengenakan masker diharapkan tetap mengenakan maskernya.

"Yang merasa nyaman pakai masker, lebih baik dipergunakan. Itu lebih baik," ungkapnya.

Lebih lanjut Ketua Harian Satgas Penanganan Covid 19 Kota Yogyakarta itu juga menyebutkan, meski diperlonggar dalam pelaksnaan protokol kesehatan terutama dalam pemakaian masker, tetapi juga harus diperhatikan batasan-batasan yang harus dipatuhi.

"Misalnya area terbuka yang jumlah kunjungan tidak besar," jelasnya.

Ia juga tetap menyarankan, agar para lansia maupun yang memiliki komorbit tetap mengenakan masker ketika beraktivitas di luar rumah.

"Begitu juga bagi yang punya batuk dan pilek, tetap memakai masker," ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar