Waspada Berita Hoaks, Perlu Diperhatikan Tips Berikut ini

Agung saat memberikan penyuluhan KIM di Kulon Progo (ist)

KBRN, Kulon Progo : Perkembangan teknologi yang semakin pesat membawa dampak negatif dan juga positif. Karena itulah masyarakat perlu waspada agar tidak percaya pada berbagai informasi palsu.

Wakil Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (AMSI DIY), Agung Purwandono menjelaskan, orang mudah termakan hoaks jika informasi sesuai dengan opini atau sikap yang dimiliki.

“Misalnya seseorang sependapat terhadap kelompok tertentu, produk, atau kebijakan tertentu. Saat ada informasi yang dapat mengafirmasi opini dan sikapnya, maka orang itu mudah percaya,” jelas Agung, di Kulon Progo, baru-baru ini.

Agung menambahkan, ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk melawan hoax. Tips tersebur adalah mengecek alamat situs, memperhatikan detail visual, dan berhati-hati dengan website yang terdapat banyak iklan. Masyarakat juga bisa membandingkan sejumlah ciri yang menjadi pakem khas jurnalistik di media mainstream.

"Hati-hati dengan judul sensasional, serta mengecek penulis informasi tersebut," ungkap Agung.

Agung mengharapkan dengan adanya sosialisasi tentang antisipasi berita Hoaks dari Dinas Kominfo Kulon Progo, harapannya KIM selaku mitra Pemerintah Kalurahan hingga Pemerintah Kabupaten, dapat lebih berhati-hati dalam menyebarluaskan informasi, demi terciptanya informasi yang sehat dan bermanfaat bagi masyarakat luas.(hrn).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar