Sempat Berpindah-pindah, Kini PAUD Parikesit Desa Giripurwo Sudah Punya Gedung Baru

KBRN, Yogyakarta : Proses  belanjar dan bermain PAUD Parikesit  yang berdiri Tahun  2002 yang harus berpindah-pindah, dan sebelum mendompleng di rumah Ibu Sarni Sabrang, akhirnya memiliki gedung PAUD baru setelah mendapatkan bantuan dari Dana Desa, Desa Giripurwo, Kapanewon Gimulyo, Kabupaten Kulon Progo Tahun Anggaran 2021 sebesar  Rp246.560.500.

Memiliki 14 anak didik, 4 tenaga pembimbing, dan 1 tenaga pembantu administrasi, gedung PAUD yang dibangun di atas Tanah Hibah simbah Wagiman Wonosemito seluas 400 meter persegi belokasi di RT 28, RW 09, Sabrang mempunyai tempatnya sangat strategis berada di jalan Lingkar Sabrang dan jalan  antara Kota Kapanewon Girimulyo – Pengasih.

Lurah Giripurwo, Mardi Santosa dalam sambutannya mengucapkan terima kasihnya kepada Keluarga Besar Bapak Warso  yang telah menghibahkan tanahnya untuk pembangunan gedung PAUD, sehingga dapat berdiri di atas tanah simbah Wagiman Wonosemito

Ia juga mengapresiasi, warga masyarakat Sabrang yang telah kerja keras membantu program pemerintah penyelesaian Pembangunan Gedung PAUD tersebut yang hanya dikerjakan kurang lebih 3 bulan.

“Alhamndulillah ingkang dingen-ngen sapun madek lan terwujud Gedung PAUD enggal. Alhamdulillah yang diharap-harapkna sudah berdiri dan terwujud Gedung PAUD baru,” katanya dalam sambutan persemian gedung PAUD, Rabu (26/1/2022).

Menurutnya, tanpa adanya kerjasama dengan masyarakat, dan didukung adanya dana Desa, mustahil akan menjadi bangunan Gedung PAUD yang berdiri megah saat ini.

Sementara itu, Lurah Mardi Santosa menyampaikan, bahwa Giripurwo  telah berdiri 10 Gedung PAUD dari 15 Dusun yang ada Di Giripurwo.

"Sisa lima Dusun lainnya belum ada  gedung PAUD nya karena belum ada tanah wakaf yang bisa di bangun gedung  tersebut," ujarnya.

Lebih lanjut Mardi mengajak masyarakat Sabrang dan sekitarnya, terutama putra/putri warga Sabrang umur 2 tahun keatas untuk memanfaatkan Gedung PAUD tersebut sebagai tempat proses belajar/bermain dan fasailitas ini dirawat dengan sebaik-baiknya.

Sementara, Kepala Dukuh Sabrang, Priyono dalam kesempatan itu mengingatkan warganya bahwa kebiasaan yang terjadi, membangun itu mudah meskipun susah payah untuk mendapatkan dananya, namun merawatnya yang juga menjadi tantangan karena kurangnya kepedulian atau kurangnya rasa memiliki gedung tersebut.

"Oleh karena itu, selain rajin menggunakan gedung ini juga rajin-rajinlah merawat agar gedung ini tidak cepat rusak demi keberlanjutan proses Belajar dan bermain anak-anak sejak dini," terangnya.

Menandai penggunaan Gedung baru PAUD Parikesit selain pemotongan tumpeng oleh Lurah Giripurwo Mardi Santosa juga penanaman pohon Monumental buah-buahan  seperti Jambu air, Belimbing dan kedondong  oleh Dukuh Sabrang Priyana dan Tokoh Masyarakat Warso.

Adapun peresmian Pembangunan dan Penggunaan Gedung PAUD Parikesit Sabrang dilakukan hari Rabu (26/1)  oleh Lurah Desa Giripurwo, Kapanewon Girimulyo Mardi Santosa, dan dihadiri dari Babinkamtibmas  Koramil Girimulyo, Dukuh Sabrang Priyana, Ketua RW, Ketua RT se Dusun Sabrang serta tokoh masyarakat Sabrang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar