Dinilai Lebih Menjanjikan, Minat Bertransmigrasi Warga Gunungkidul Tinggi

KBRN, Gunungkidul: Minat warga Gunungkidul untuk mengikuti transmigrasi cukup tinggi. Banyaknya warga yang mapan setelah mengikuti program transmigrasi menjadi salah satu pemicunya. 

Kepala Seksi Transmigrasi, Bidang Ketenagakerjaan Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Gunungkidul, Sukasan mengatakan, pada tahun ini pihaknya memberangkatkan lima kepala keluarga ke Sumatera. Tahun ini, porgram serupa juga ada namun untuk kuota dan pulau tujuan masih menunggu kebijakan Pemda DIY. 

"Animo masyarakat cukup tinggi, baik yang sudah mendaftar melengkapi berkas hingga sekedar datang mencari informasi dan konsultasi," ungkap Sukasan, Rabu (26/1/2022). 

Sukasan menambahkan, kendati belum tau berapa kuota transmigrasi pada tahun 2022, namun hingga menjelang akhir Bulan Januari sudah ada belasan calon transmigran yang datang mencari informasi dan mengembalikan berkas. Dari belasan tersebut ada 12 yang sudah mengumpulkan seluruh persyaratan. 

"Dari jumlah pendaftar ini, nantinya jika kuota sudah turun dinas akan melakukan tahap pemantapan kepada para calon transmigran yang sudah melakukan pendaftaran," imbuh Sukasan. 

Menurutnya, pemantapan dilakukan untuk memastikan apakah catrans bersedia melakukan transmigrasi di daerah yang telah ditentukan oleh pemerintah tersebut. sebab ketersediaan kuota itu berbeda dengan keinginan para pendaftrar. 

“Iya memastikan kebersediaan mereka itu sangat wajib. kita datang ke rumah para catrans ini untuk memastikan bersedia atau tidak di lokasi yang telah ditentukan," jelasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar