Program 'Sambanggo', Bangkitkan Pariwisata Kulon Progo

Salah satu kegiatan dalam Sambanggo (ist)

KBRN, Kulon Progo : Dinas Pariwisata Kulon Progo, memulai kembali program Sambang Kulon Progo atau Sambanggo. Kick off awal digelar di Obyek Wisata Watu Lempeng di Kalurahan Banyuroto, Nanggulan, Kulon Progo.

Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo, Joko Mursito mengatakan, Program Sambanggo merupakan merupakan kegiatan untuk membersamai masyarakat yang ingin membuat destinasi wisata baru. Program yang didukung Dana Keistimewaan (Danais) DIY ini, dalam pelaksanaannya bersinergi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya.

"Kami berupaya membantu lahirnya wisata-wisata baru hasil swadaya masyarakat di Kulon Progo melalui Sambanggo," ucap Joko Mursito, baru-baru ini.

Joko menjelaskan, wisata yang masuk  dalam program Sambanggo, akan mendapat sejumlah bantuan baik  materi maupun non materi. Bantuan tersebut seperti fasilitas penunjang wisata dan dalam hal pembersihan lokasi wisata agar lebih layak dikunjungi.

"Di program Sambanggo ada kegiatan kerja bakti untuk bersih-bersih dan penataan lingkungan, difasilitasi dengan penyiapan konsumsi, kemudian kami pakaian lapangan juga lainnya untuk para peserta. Jadi kegiatan ini bertujuan membuat destinasi lebih bersih dan tertata, serta menyentuh masyarakat," ungkap Joko. 

Dia menambahkan, ada dua cara untuk mengikuti program Sambanggo. Masyarakat bisa mengajukan proposal langsung ke Kantor Dinas Pariwisata Kulon Progo atau menunggu hasil pendataan Dinas Pariwisata.

"Kami selalu melakukan survei terlebih dahulu sehingga punya data terhadap pergerakan masyarakat di sektor pariwisata. Jika menurut kami potensi satu titik bisa dikembangkan maka Kamilah yang akan melakukan pendekatan," terang Joko. (hrn).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar