Kanwil Kemenag DIY Berangkatkan Jamaah Umroh

Pemberangkatan jamaah umrah (dok Instagram Kemenag DIY)

KBRN, Kulon Progo : Sebanyak 29 Jamaah umrah bertolak dari Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) pada Selasa (18/1/2022). Jamaah umrah didominasi warga dari wilayah DIY.

Kakanwil Kemenag DIY, Masmin Afif, mengatakan, keberangkatan puluhan jamaah umrah tersebut menyusul dibukanya akses ibadah umrah oleh pemerintah Arab Saudi. 

"Pelepasan jamaah umrah tersebut selaras dengan pernyataan Menteri Agama jika tidak ada penghentian layanan pendaftaran umrah selama pandemi Covid-19. Kami harap keberangkatan perdana diikuti dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19 oleh jamaah," kata Masmin Afif, baru-baru ini.

Afif menjelaskan, keberangkatan jamaah umrah sudah melalui prosedur kesehatan dengan baik, mulai dari jamaah dikatakan layak untuk pergi, sampai di Madinah, dan kembali ke Indonesia. 

"Upaya tersebut untuk mengantisipasi terjadinya paparan Covid-19 varian Omicron. Jamaah nanti disediakan tempat isolasi mandiri di sana. Saat kembali, juga harus isolasi mandiri di Jakarta sebelum pulang kembali ke rumah," ungkap Afif.

Sementara itu, Nur Widya, (49), warga Jogja, mengatakan, dirinya harus menunggu selama dua tahun sebelum akhirnya berangkat umrah. 

"Dua kali tertunda ya, baru tahun ini bisa berangkat. Alhamdulillah Puji syukur saya bisa berangkat," kata Nur.(hrn).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar