Vaksinasi Anak BINDA DIY Didukung Penuh Orang Tua Siswa

Pemeriksaan anak yang akan di vaksin

KBRN, Kulon Progo : Ratusan siswa SD Negeri Bendungan 4 dan SD Negeri Mangunan Baru mengikuti kegiatan vaksinasi yang digelar oleh Badan Intelijen Negara (BINDA) DIY. Dalam kegiatan vaksinasi anak tersebut BINDA DIY bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kulon Progo, Disdikpora Kulon Progo, dan Puskesmas Wates. 

Kepala Sekolah SD Negeri Bendungan 4, Andung Widarsa mengatakan, kegiatan Vaksinasi tersebut disambut dengan sangat baik oleh masyarakat. Mereka merasa terbantu, karena untuk mendapatkan vaksinasi anak tidak perlu pergi jauh-jauh ke Puskesmas. 

"Masyarakat dalam hal ini wali murid mendukung penuh kegiatan vaksinasi BINDA DIY. Anak menjadi sehat, dan tidak ada yang sakit," ungkap Andung Widarsa, di SD Negeri Bendungan 4, Selasa (18/1/2022).

Dalam vaksinasi tahap kedua tersebut, ada 162 anak yang mengikuti vaksinasi. Sisanya, berasal dari SD Negeri Mangunan Baru. 

"Untuk vaksinasi dibagi menjadi dua. Pagi untuk siswa SD Negeri Bendungan 4 yang berjumlah 162 anak. Sedangkan vaksinasi bagi siswa SD Negeri Mangunan Baru, akan dilaksanakan mulai pukul 10.30 WIB," terangnya.

Pengawas Sekolah Wilayah Wates, Kelik Kristianto mengatakan, Vaksinasi BINDA DIY sangat membantu upaya melindungi anak-anak dari penyebaran Virus Covid-19. 

"Tingkat kepercayaan dan keamanan kesehatan dengan vaksinasi akan lebih tinggi. Mudah-mudahan kedepan, anak-anak bisa terlindungi dari penyebaran Covid-19," ungkap Kelik.

Sedangkan, Koordinator Vaksinasi Kulon Progo, Binda DIY, Wuri Atmaja mengatakan, Vaksinasi anak bertujuan untuk mempertahankan tingkat kekebalan dan memperpanjang masa perlindungan terutama bagi anak usia 6-11 tahun. Vaksinasi merupakan cara paling efektif dan efisien untuk mencegah terjadinya gelombang ketiga.

"Vaksin bagi anak penting, karena untuk membangun imunitas ditengah adanya mutasi virus. Apalagi saat ini varian omicron berpotensi menyebar dengan cepat," ujar Wuri.

Wuri menilai, dengan tervaksinnya anak anak maka Pembelajaran Tatap Muka dapat segera dilaksanakan secara normal sehingga pendidikan di Kabupaten Kulon Progo juga dapat berjalan sebagaimana mestinya. 

Anak-anak sebagai generasi penerus bangsa harus terus dilindungi, karena mereka rentan terpapar virus Covid-19. Karena itulah, Vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun akan terus diakselerasi BINDA DIY agar kekebalan komunal sehingga kehidupan anak anak dapat berjalan secara normal seperti sebelumnya.

"Kamj mengimbau kepada seluruh masyarakat khususnya orang tua tidak perlu takut dan mau mendatangi sentra vaksin yang telah disediakan guna menyukseskan program vaksinasi yang telah dicanangkan oleh pemerintah. Dipastikan vaksinasi halal. Kami juga menghimbau untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan secara ketat dimanapun berada," pungkas Wuri.(hrn). 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar