Bupati Sleman Berikan "Tondho Tresno" Hampir 900 Juta untuk Korban Semeru

Penyerahan Bantuan ke Lumajang

KBRN, Sleman: Pemerintah Kabupaten Sleman memberikan sejumlah bantuan bagi korban bencana erupsi gunung Semeru di Kabupaten Lumajang. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, dan diterima oleh Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati, Selasa (18/1/2022), di pringgitan pendopo Kabupaten Lumajang.

Kustini menyebutkan bantuan yang diberikan Pemkab berupa donasi dengan total sebesar Rp899.664.505. Dari jumlah tersebut, lebih dari 523 juta rupiah telah disalurkan terlebih dahulu. Adapun sisanya sebesar 374 juta rupiah lebih diserahkan secara langsung kepada Bupati Lumajang. Selain uang tunai, Pemkab Sleman juga memberikan berbagai barang yang diperlukan oleh para korban bencana, seperti sembako, pakaian, alat ibadah, alat kebersihan, perlengkapan bayi, dsb.

"Kedatangan kami beserta rombongan ini bertujuan untuk menyampaikan bantuan sebagai 'Tondho Tresno' dari masyarakat Sleman kepada saudaranya di Lumajang, yang beberapa waktu yang lalu ditimpa bencana erupsi Gunung Semeru," ungkapnya.

Lebih lanjut Kustini menjelaskan bahwa bantuan ini merupakan bentuk kepedulian dari masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Sleman yang disalurkan melalui beberapa pihak, di antaranya KORPRI Kabupaten Sleman, Lazismu, Laziznu, Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI), Baznas Sleman, Dewan Masjid Indonesia (DMI), Palang Merah Indonesia (PMI), Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP), BPBD dan Dinas Sosial Kabupaten Sleman.

"Kami berharap bantuan kami yang tidak seberapa ini dapat meringankan beban saudara-saudara kami, warga Lumajang yang terdampak erupsi Gunung Semeru," kata Kustini.

Sementara Wakil Bupati Lumajang, Indah, mengucapkan terimakasih sekaligus mengaku terharu dengan bantuan yang diberikan Pemkab Sleman. Terlebih saat ini Pemkab Sleman sendiri tengah menghadapi status siaga Gunung Merapi. 

"Saya terharu. Karena Sleman sendiri sedang siaga Merapi tapi masih sempat menjenguk kami di Lumajang," ucapnya.

Pemberian bantuan ini dilakukan oleh Bupati Sleman beserta rombongan yang berjumlah 33 orang, diantaranya terdiri dari kepala Dinas Sosial, kepala Dinas Perhubungan, kepala BPBD, beberapa kepala bagian, pengurus KORPRI Sleman, BAZNAS dan PMI Sleman.

Rombongan Bupati Sleman juga sempat meninjau lokasi bencana erupsi yang ada di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro. Lalu dilanjutkan dengan mengunjungi dan sekaligus memberikan bantuan secara langsung kepada para pengungsi di barak pengungsian di Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Lumajang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar