Belasan ODDP di Gunungkidul Masih Dipasung

KBRN, Gunungkidul: Angka Orang Dengan Disabilitas Psikososial (ODDP) di Gunungkidul mencapai 1.444 warga. Dari jumlah tersebut 17 orang dipasung di rumahnya.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan, bentuk pemasungan cukup beragam. Mulai dari diikat salah satu anggota tubuhnya, hingga di kurung dalam ruangan tertutup secara terpisah dengan anggota lainnya.

"Tindakan pemasungan diambil karena pihak keluarga merasa anggotanya yang ODDP tersebut sebagai beban. Mereka merasa tak sanggup untuk menangani sanak saudaranya sendiri," ungkap Dewi, Selasa (7/12/2021).

Hal ini, menurut Dewi, tidak manusiawi sehingga upaya edukasi sudah seringkali ia lakukan. Termasuk mengarahkan mereka bisa menangani anggota keluarga yang ODDP.

"Layanan sudah cukup baik karena penanganan paling krusial itu menjalani terapi, agar mereka tetap stabul tinggal keluarga yang dituntut bisa menangani ODDP," terangnya.

Sementara itu, Manajer Project Kesehatan Jiwa Berbasis Masyarakat, Pusat Rehabilitasi YAKKUM, Siswaningtyas Tri Nugraheni menyebut bahwa kasus ODDP di Gunungkidul merupakan tertinggi kedua di DIY.

Ia juga menyayangkan masih adanya fenomena ODDP yang dipasung.Ia menilai masih ada kesenjangan pada penanganan ODDP. Sebagai contoh di Gunungkidul, jumlah tenaga hingga fasilitas penunjang penanganan masih terbilang terbatas.

"Ini jadi pekerjaan rumah bagi Gunungkidul, mengingat kasus ODDP-nya tinggi," kata Siswaningtyas.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar