Lomba Bank Sampah Tingkat Kota Yogyakarta

KBRN, Yogyakarta : Bank Sampah merupakan salah satu upaya mengurangi sampah di tingkat rumah tangga. Keberadaan bank sampah berperan untuk menghimpun sampah-sampah yang telah dipilah oleh masyarakat dan selanjutnya dijual ke pengepul. Sampah yang dipilah merupakan sampah anorganik yang terdiri atas plastik, kertas, kaca, dan logam.

Selain melakukan penimbangan rutin, beberapa bank sampah juga membuat kreasi daur ulang sampah, mengolah minyak jelantah menjadi sabun, membuat ecobricks, dan kegiatan-kegiatan lain. Beberapa Bank sampah juga mulai mengolah sampah organik rumah tangga melalui media lubang biopori dan takakura.

Terkait hal itu, Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta pada tahun 2021 mengadakan Lomba Bank Sampah tingkat Kota Yogyakarta. Lomba ini salah satunya digelar di Rw 08 Kelurahan Bumijo, Kemantren Jetis, diikuti oleh 14 Bank Sampah perwakilan dari tiap Kemantren di Kota Yogyakarta yang telah lolos verifikasi.

“Tujuan diadakan Lomba Bank Sampah adalah untuk melakukan evaluasi pengelolaan sampah lewat Bank Sampah serta memberikan apresiasi kepada Bank Sampah yang sudah mengelola sampahnya dengan cara yang benar dan ramah terhadap lingkungan,” kata Babinsa Bumijo Serda Yatiman saat  memantau acara lomba Bank sampah tingkat kota di Bumijo, Selasa (7/12/2021).

Proses evaluasi Bank Sampah terdiri atas Verifikasi Administrasi dan Verifikasi Lapangan. Komponen penilaian  dalam Lomba Bank Sampah meliputi komponen kegiatan dan sarana prasarana, organisasi dan manajemen, partisipasi dan pemberdayaan masyarakat, kondisi lingkungan serta inovasi Bank Sampah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar