Dukung Percepatan Herd Imunity, Binda DIY Gelar Vaksinasi di Kulon Progo

KBRN, Kulon Progo : Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) DIY kembali menggelar vaksinasi covid-19 untuk masyarakat. Terbaru yakni vaksinasi yang digelar di Kelurahan Kanoman, Panjatan, Kabupaten Kulon Progo, Kamis (2/12/2021) dengan sasaran sekitar 200 warga. Dalam Kegiatan vaksinasi tersebut, BINDA bekerjasama dengan Puskesmas setempat, dalam hal ini Puskesmas Panjatan I. 

Koordinator Vaksinasi Kulon Progo, Binda DIY, Wuri Atmaja mengatakan, salah satu sasaran pada kegiatan vaksinasi tersebut adalah warga lanjut usia karena merupakan usia yang rentan dan butuh perhatian khusus.

"Semua lansia yang akan mendapatkan dosis vaksin selalu kami himbau untuk memperhatikan kondisi kesehatan sebelum pemeriksaaan awal sehingga tidak menjadi halangan pada saat akan di berikan vaksin," ungkap Wuri Atmaja, di Kulon Progo, Kamis (2/12/2021).

Menurutnya Wuri, mewujudkan herd immunity menjadi konsentrasi BINDA DIY dalam rangka menjalankan instruksi Presiden RI dan Kepala BIN. Percepatan vaksinasi terus dilakukan untuk mencegah penularan covid-19 secara masif, mengingat gelombang ketiga covid-19 berpotensi terjadi di akhir tahun 2021. 

"Vaksinasi merupakan salah satu upaya untuk menghadapi pandemi covid-19, disamping tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat," tambahnya.

Wuri menilai, pembatasan aktivitas juga perlu dilakukan terlebih menjelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Karena itu BINDA DIY menghimbau masyarakat untuk bisa menahan diri, tidak melakukan aktivitas diluar rumah dan menimbulkan kerumunan. Terlebih pemerintah berencana menetapkan PPKM Level III pada saat libur Nataru mendatang. 

"Kami dari BINDA DIY berharap dengan adanya vaksinasi ini kegiatan masyarakat dapat kembali normal seperti sediakala," terang Wuri.

Adapun pada saat ini capaian Vaksinasi Covid-19 untuk Kab. Kulon Progo dengan total sasaran 342.720 sasaran, untuk dosis pertama telah tercapai 294.930 (86,1 %), dosis kedua tercapai 255.919 (74,7%), dan dosis ketiga tercapai yakni 3.825 (133,37%). (hrn).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar