Hindari Kerumunan, PKB Dapat Dibayar di ATM

KBRN, Bantul : Kabar gembira bagi pemilik kendaraan bermotor di Bantul, karena mulai 1 Desember dapat membayar PKB melalui E-Posti  mesin Anjungan Tunai Mandiri atau ATM.

Kepala KPPD DIY di Bantul, Pramana SH, MM mengatakan, Kantor Pelayanan Pajak Daerah Samsat Bantul dan Jasa Raharja telah melakukan sosialisasi E-Posti, sebagai sebuah inovasi baru yang dapat membantu masyarakat  untuk layanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) melalui mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) perbankan.

Menariknya, Posti merupakan singkatan Bahasa Jawa dari perkakas paos titian yang dalam Bahasa Indonesia berarti alat pajak kendaraan.

“Alat yang digunakan dalam pembayaran pajak ini adalah layanan ATM BPD DIY. Tujuan untuk memudahkan dan mempercepat pelayanan pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) Bermotor dan pembayaran PKB sesuai program pemerintah,” jelas Pramana, Rabu (1/12/2021).   

Lebih lanjut jelas Pramana, ditengah pandemi E-Posti dinilai lebih efektif untuk menghindari kerumunan, atau antrian saat membayar Pajak kendaraan bermotor, apalagi di tahun 2022 untuk pembayaran pajak kendaraan paling tidak dibayarkan 3 bulan sebelum jatuh tempo.

Program E- Posti, menurut, Iyan Supiandi  petugas Kepala Sub Bagian Iuran Wajib PT Jasa Raharja Cabang D I Yogyakarta, mudah digunakan dan mempermudah pembayaran wajib pajak kendaraan apalagi melalui Anjungan Tunai mandiri (ATM).

Supiandi juga mengingatkan masyarakat berhati hati menggunakan kendaraan dan mengutamakan keselamatan, karena angka kecelakaan lalu lintas di Bantul urutan tiga seluruh Indonesia, meskipun hingga bulan November 2021 angka kecelakaan lalu lintas menurun, akan tetapi fatalitas masih tinggi. (Tns)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar