Abdul Muhaimin Raih Gelar Pahlawan Inspiratif RRI

KBRN, Yogyakarta: Pengasuh Pondok Pesantren Nurrul Ummahat, Kotagede, Kota Yogyakarta, KH Abdul Muhaimin, Selasa (30/11/2021) malam, berhasil meraih penghargaan Pahlawan Inspiratif yang diberikan pada malam penganugerahan Pahlawanku Inspirasiku.

Acara yang digagas Radio Republik Indonesia RRI dan Badan Pembina Ideologi Pancasila atau BPIP itu diselenggarakan di Auditorium Abdul Rahman Saleh LPP RRI Pusat. KH Abdul Muhaimin, meraih penghargaan untuk kategori tokoh yang gigih memperjuangkan serta menggerakkan semangat kebangsaan, perdamaian dan keberagaman (multikultural).

Kepada RRI, pendiri Forum Persaudaraan Umat Beriman (FPUB) ini menuturkan, Indonesia atau Nusantara memiliki keberagaman yang sangat kaya, di berbagai bidang, termasuk di antaranya agama atau keyakinan.

“Kalau dilihat pengalaman saya dalam perjalanan ke berbagai negara, memang yang namanya kondisi multikultural di Indonesia, seperti bahasa, agama, kreasi dan seni itu tak ada yang menandingi Indonesia,” ujar dia.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pesantren Indonesia (DPP IPI) untuk masa bakti 2021 – 2026 itu pernah berdialog dengan sejumlah duta besar negara sahabat beberapa tahun lalu. Dalam diskusi tersebut, Abdul Muhaimin tegas menyatakan, Indonesia harus menggunakan pendekatan agama dan budaya untuk merekatkan, tak hanya persatuan dan kesatuan bangsa, tetapi juga kerja sama internasional.

“Saya pernah menyampaikan dalam diskusi di Hotel Salak. Waktu itu berbagi pengalaman dengan duta besar negara-negara terkenal, dan saya sampaikan, seharusnya diplomasi kita itu materi atau basic-nya haruslah agama dan budaya,” tutur Abdul Muhaimin.

Semangat kepahlawanan

Sementara itu, Direktur Program dan Produksi LPP RRI, Soleman Yusuf, menyatakan, pemberian penghargaan yang dilaksanakan berkat kolaborasi RRI dan BPIP pada Selasa malam menjadi inisiasi untuk menumbuhkan semangat kepahlawanan kepada generasi muda, khususnya di tengah pandemi.

“November tahun ini kita memperingati Hari Pahlawan yang ke-76. Kemerdekaan yang kita nikmati hari ini adalah bukti nyata dari pengorbanan dan perjuangan para pahlawan. Data hingga September 2021, selama pandemi Covid-19, jumlah relawan yang meninggal akibat Covid-19 di Indonesia mencapai 2.291 orang. Sebanyak 730 orang di antaranya atau 35,9 persen adalah tenaga kesehatan. Maka acara ini juga kami dedikasikan kepada pahlawan Covid-19,” tuturnya.

Soleman lantas menyontohkan apa yang dilakukan  RRI dengan menyiarkan program belajar lewat radio mengandung nilai dan semangat kepahlawanan untuk berkorban agar generasi muda tak kehilangan momentum emas mereka dalam menimba ilmu.

“Program Belajar di RRI misalnya, berhasil mengundang tepatnya 17.850 sekolah dari tingkat SD sampai perguruan tinggi. Guru-guru dengan sukarela menyampaikan pelajaran melalui studio RRI, dan disimak atau didengarkan oleh murid-muridnya,” tandasnya.

Pengumuman penghargaan langsung dilakukan oleh Romo Benny Susetyo staf khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP dan Ester Jusuf selaku ahli patologi sosial. KH Abdul Muhaimin sendiri mendapatkan penghargaan atas usulan Korwil Nusantara XI Yogyakarta. (ros)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar