Masyarakat Diajak untuk Memakmurkan Masjid

KBRN, Kulon Progo : Takmir Masjid Assalam di Pedukuhan Degan 2, Kalurahan Banjararum Kapanewon Kalibawang, mengajak masyarakat untuk tetap memakmurkan masjid meski pandemi Covid-19 belum mereda.

Sebagai bentuk ajakan nyata, Takmir masjid Assalam menggelar pengajian umum yang diikuti oleh masyarakat sekitar pada Minggu (28/11/2021). Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan maulud Nabi tahun 2021 yang jatuh pada tanggal 19 Oktober yang lalu.

Totok Sajito, Takmir Masjid Assalam mengatakan, pandemi Covid-19 memang berdampak pada terbatasnya aktivitas keagamaan. Pengajian rutin yang biasanya digelar ditunda demi mencegah penyebaran Covid-19. Kegiatan yang masih berjalan hanya yasinan mingguan dan kegiatan TPA dengan jumlah peserta yang terbatas.

"Sementara untuk pengajian yang dihadiri jamaah sekitar 100an orang baru hari ini dilaksanakan," ucap Totok Sajito, Minggu (28/11/2021).

Totok menambahkan, meski menggelar pengajian dengan peserta cukup banyak, pihak Takmir tetap menjaga protokol kesehatan dengan ketat seperti dengan memakai masker, jaga jarak dan lainnya. 

Dalam pengajian yang digelar tersebut, dihadirkan dua orang penceramah. Pertama adalah Kyai Jazari yang menyampaikan tentang Maulid Nabi dan kedua adalah Ning Zubaidah dari UII Jakarta yang menyampaikan tentang kaitan hukum islam dalam kehidupan.

"Jadi tidak hanya Al Qur'an dan Sunnah nya, namun juga dari sisi hukum Islam. Harapannya pengetahuan masyarakat tentang Islam akan lebih luas," ungkap Pria yang akrab disapa Sito ini.

Sedangkan, Kyai Jazari dalam ceramahnya mengajak masyarakat untuk menghidupkan Sunnah nabi. 

"Orang yang menghidupkan Sunnah Rasullulah, insyaallah akan mendapatkan kecintaannya (Rasulullah)," ujar Kyai Jazari.(hrn).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar