Penyu Lekang Ditemukan Mati di Selatan Bandara YIA

Penguburan bangkai penyu lekang oleh Sarlinmas Rescue Istimewa (dok SRI Wilayah V Glagah)

KBRN, Kulon Progo : Seekor Penyu Lekang ditemukan di Barat Pantai Labuhan atau di selatan Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) dalam kondisi sudah mati, Jumat (26/11/).

Koordinator Sarlinmas Rescue Istimewa (SRI)  Wilayah V Glagah, Aris Widiatmoko mengatakan, bangkai penyu tersebut pertama kali diketahui oleh masyarakat yang tengah memancing di lokasi. Mendapati informasi tersebut, pengecekan segera dilakukan oleh Anggota SAR yang tengah bertugas.

"Informasi masuk sekitar jam 11.00 WIB. Namun untuk menepinya saya kira sudah beberapa jam sebelumnya," ucap Aris, Jumat (26/11/2021).

Dari pemeriksaan sementara yang dilakukan, penyu jenis Lekang tersebut memiliki panjang sekitar 75-80 cm, lebar sekitar 45-50 cm, dan beratnya kurang lebih 40 kg. Penyebab kematian diperkirakan karena usia.

Aris menambahkan, pihaknya saat ini sudah menguburkan bangkai penyu tersebut dan melaporkanny kepada BKSDA.

"Kami sudah tandai lokasi penguburan kalau nanti BKSDA DIY mau melakukan pemeriksaan," ujar Aris.

Menanggapi penemuan bangkai penyu tersebut, salah seorang pegiat Lingkungan Kulon Progo, Saptono Tanjung menjelaskan, wilayah selatan Bandara YIA adalah wilayah teluk, di mana ombak besar menarik ke dalam. Hal ini memungkinan penyu akan kelelahan dan kehabisan tenaga saat mendarat.

"Saya harap di wilayah selatan bandara YIA ada penelitian sehubungan dengan flora dan fauna yang ada. Sehingga dijadikan kawasan ekosistem yang mengarah pada flora dan fauna esensial. Selain itu agar bandara aman dari kerentanan sosial dan akses yang terbuka untuk keamanan bandara tersebut ke depannya," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar