Pemkab Kulon Progo dan Seychelles Siap Jalin Kerjasama Pengolahan Sampah

Kunjungan Duta Besar Seychelles (Ist)

KBRN, Kulon Progo : Kabupaten Kulon Progo mendapatkan kunjungan kehormatan dari Duta Besar dan Utusan Presiden Seychelles untuk Asean, Nico Barito.

Kunjungan dilakukan di Kompleks Pemkab Kulon Progo, dan dilanjutkan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Banyuroto, Kamis (21/10/2021). Peninjauan tersebut adalah untuk meninjau secara langsung pengelolaan sampah yang ada di TPA Banyuroto.

Menyoroti soal sampah, Duta Besar (Dubes) dan Utusan Presiden Seychelles untuk Asean, Nico Barito mengatakan, daerah dengan pariwisata yang ramai dikunjungi, seperti Bali dan Jogja, memiliki resiko memiliki tumpukan sampah yang melimpah. 

"Salah satu cara cepat untuk mengelola sampah, yakni dengan membakarnya. Padahal dengan membakar sampah, akan menimbulkan asap dan mencemari lingkungan," ucap Nico Barito, di Kulon Progo, Kamis (21/10/2021).

Sementara terkait bantuan alat pengolahan sampah, Nico menjelaskan, pihaknya aka melihat jenis sampah (di TPA Banyuroto). Setelahnya, dilakukan tes secara random, untuk melihat konten sampah yang ada.

"Nanti kita akan tetapkan mesin yang akan di kirim. Bisa mesin bakar atau mesin pirolisis,” jelas Nico. 

Nico Barito menambahkan, saat alat dan mesin bantuan sudah siap, perlu ditetapkan pengelola atau tim kecil yang bertanggungjawab pada penggunaan alat dan mesin tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPKP) Kulon Progo, Gusdi Hartono, berharap, bantuan alat mesin pengelolaan sampah nantinya akan dapat mengatasi masalah sampah di Kulon Progo. 

"KamI siap memenuhi persyaratan sehingga bantuan alat mesin bisa segera diterima. Mudah-mudahan bantuan tersebut bisa menyelesaikan permasalahan sampah di Kulon Progo,” tutup Gusdi. (hrn).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00