Penataan Pedestrian Malioboro Dilanjutkan di Jalan Perwakilan

KBRN, Yogyakarta : Penataan pedestrian kawasan Malioboro kembali dilanjutkan Pemerintah Kota Yogyakarta pada sirip-sirip di jalan Perwakilan yang direncanakan mulai pekan depan.           Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Yogyakarta akan melakukan penataan di jalan Perwakilan sisi Utara dan Selatan.

Kepala DPUPKP Kota Yogyakarta Hary Setya Wacana mengatakan, konsep penataan pedestrian jalan Perwakilan akan disamakan dengan penataan pedestrian di kawasan Malioboro. Namun, untuk jalan Perwakilan dijelaskan Hari, penataan akan dilakukan seperti mengganti lantai menggunakan granite tile abu-abu dan tidak merubah lebar trotoar yang ada.

“Penataan ini merupakan kelanjutan penataan sirip-sirip Jalan Malioboro yang juga menjadi bagian tidak terpisahkan dari sumbu filosofis Yogyakarta,” katanya, Jumat (15/10/2021).

Selain itu, juga akan dilakukan penataan kabel listrik dan fiber optic yang ada di ruas jalan tersebut dengan menerapkan sistem dakting.

“Yang pasti, kondisi trotoar akan jauh lebih rapi dan tertata,” jelasnya.

Pihaknya menargetkan pengerjaan selesai hingga akhir tahun ini atau pada akhir bulan Desember mendatang, dengan anggaran sekitar Rp 10 miliar rupiah.

Disisi lain, DPUPKP Kota Yogyakarta juga tengah melakukan penataan pedestrian di sejumlah ruas jalan, seperti penataan jalan Jenderal Sudirman sisi Timur, segmen simpang Galeria hingga simpang Gramedia. Penataan tersebut merupakan tahap akhir pedestrian Jalan Jenderal Sudirman yang sepenuhnya didanai dana keistimewaan DIY.

“Pekerjaan di Jalan Sudirman baru mencapai sekitar 20 persen, karena kami pun melakukan penataan di jalan sekitarnya seperti Jalan Sam Ratulangi dan Wahidin Sudirohusodo. Masih sesuai tata kala dan bisa selesai sesuai target,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00