Jabatan RT/RW Kota Jogja Diperpanjang Hingga Akhir Tahun

Kompleks Balaikota Yogyakarta

KBRN, Yogyakarta : Peran RT/RW di Kota Yogyakarta pada masa pandemi Covid 19 saat ini sangat penting terutama terkait pencegahan dan penanganan termasuk ledakan kasus yang sempat terjadi pada bulan Juli dan Agustus 2021 kemarin.

Melihat pentingnya peran RT/RW pada masa pandemi, Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta untuk kedua kalinya kembali memperpanjang masa jabatan seluruh RT/RW di wilayahnya.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Tapem Kesra) Kota Yogyakarta Taokhid mengatakan, masa bakti 2018-2021 untuk pengurus RT/RW yang seharusnya sudah berakhir pada 31 Maret 2021 diperpanjang hingga bulan ini.

Namun menjelang berakhirnya masa bakti pada 30 September mendatang, Pemkot kembali memperpanjang masa jabatan RT/RW hingga akhir tahun 2021.

Bukan tanpa alasan, menurut Taokhid perpanjangan masa jabatan hingga dua kali bagi pengurus RT mempertimbangkan berbagai aspek.

“Ada dua pertimbangan dalam menetapkan keputusan untuk memperpanjang masa jabatan RT/RW untuk kedua kalinya pada tahun ini,” katanya, Jumat (17/9/2021).

Dijelaskannya, selain mempertimbangkan konsep pemilihan RT/RW yang harus dilakukan melalui musyawarah mufakat sehingga tidak memungkinkan digelar pada kondisi pandemi Covid 19 yang masih cukup tinggi.

Pertimbangan lain ditambahkan Taokhid, kondisi paparan yang terjadi pada bulan Juli dan Agustus kemarin, sangat membutuhan peran RT/RW untuk melakukan penanganan dan pencegahan sehingga lonjakan tersebut dapat terkendali.

Perpanjangan kedua masa jabatan RT/RW di Kota Yogyakarta sudah ditetapkan melalui instruksi Wali Kota Yogyakarta, dan selama perpanjangan masa jabatan, seluruh pengurus RT/RW tetap berhak memperoleh honorarium yang sudah diberikan Pemkot dalam dua tahun terakhir.

"Pengurus RT/RW sudah memahami kondisi lingkungan di wilayah masing-masing," jelasnya.

Sedangkan terkait pelaksanaan pemilihan pengurus RT/RW, Taokhid menjelaskan, akan dilakukan sebelum masa jabatan berakir, yang diagendakan pada pertengahan bulan Oktober hingga November 2021.

Di Kota Yogyakarta terdapat 2.535 RT dan 617 RW.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00