Enam Belas Warga Binaan Rutan Kelas IIB Wates Peroleh Remisi

Kegiatan di Rutan kelas II Wates (ist/RRI)

KBRN, Kulon Progo : Enam belas warga binaan pemasyarakatan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Wates mendapatkan remisi khusus (RK) 1, yakni pengurangan masa tahanan selama 15 hari hingga satu bulan, pada Idul Fitri 1442 Hijriah.

Warga binaan yang menerima remisi, sebagian besar adalah pelaku pencurian. Kemudian ada pelanggar undang-undang kesehatan dan penggunaan psikotropika, pelanggar undang-undang perlindungan anak serta pelaku penganiayaan.

Kepala Rutan Kelas IIB Wates, Deny Fajariyanto mengatakan, pemberian remisi tersebut mengacu pada keputusan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) RI tentang Pemberian Remisi Khusus (RK) Idul Fitri 1442 Hijriah.

"Dari 16 warga binaan pemasyarakatan, empat mendapatkan pengurangan masa tahanan selama satu bulan. Sedangkan 12 orang lainnya mendapat pengurangan 15 hari," kata Deny, di Kulon Progo, Kamis (13/05/2021).

Deny menjelaskan, dalam Idul Fitri tahun 2021, pihaknya tidak memberikan RK 2 yakni warga binaan langsung bebas. Selain itu juga tidak ada warga binaan pemasyarakatan yang dinyatakan bebas setelah mendapatkan RK 1.

"Kami harap pada penerima bisa terus berkelakuan baik agar menjadi pribadi yang lebih baik. Sehingga saat mereka sudah bebas nantinya, bisa terjun kembali bersosialisasi ke masyarakat," ungkap Deny. (hrn/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00