Akui Plus Minus, Wawali : Pelaksanaan Shalat Ied di Beberapa Titik Cara Terbaik Saat Pandemi

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi

KBRN, Yogyakarta : Pelaksanaan shalat Idul Fitri pada tahun 1442 H/2021 M diperbolehkan digelar di Kota Yogyakarta terutama pada zona hijau dan kuning namun dengan tetap menjaga agar potensi kerumunan tidak terjadi mencegah potensi paparan Covid 19 yang hingga saat ini masih terjadi.

Pemerintah Kota Yogyakarta memberikan kebijakan untuk memperbanyak lokasi pelaksanaan shalat Ied hingga tingkat Rukun Warga (RW), tercatat ada 475 lokasi pelaksanaan Shalat Ied pada hari Raya Idul Fitri tahun ini di Kota Yogyakarta.

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan, dengan banyaknya tempat pelaksanaan shalat Idul Fitri di tengah kondisi pandemi saat ini sejalan dengan kebijakan Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 selama perayaan Idul Fitri di Kota Yogyakarta.

Pihaknya mengapresiasi respon masyarakat dengan adanya himbauan dari pemerintah untuk memperbanyak titik Shalat Ied.

“Di Kota Yogyakarta keseluruhannya terselenggara Shalat Ied di 475 titik, dan sampai pagi ini kita belum dapat laporan terjadinya kerumunan. Hal ini  karena memang sebagaimana kebijakan Pak Walikota Yogyakarta  bahwa kita memperbanyak jumlah tempat shalatnya,” katanya seusai melaksanakan shalat Ied bersama warga Sidobali, Muja Muju di Lapangan Sidobali, Kamis (13/5/2021).

Menurutnya, pelaksanaan Shalat Ied di banyak titik merupakan cata terbaik yang dapat dilakukan di masa pandemi.

Meski pihaknya mengakui, cara tersebut ada kelebihan dan ada kekurangannya.

"Memang kemudian ada plus minusnya, tetapi itu yang terbaik di masa pandemi ini. Seperti di setiap RW menyelenggarakan Shalat Ied dan kemudian speakernya saling bersahutan," jelasnya.

Heroe Poerwadi mengungkapkan, penyelenggaraan shalat Ied di hari Raya Idul Fitri 1442 H ini merupakan salah satu bentuk komitmen masyarakat bersama pemerintah untuk lebih serius dan bersungguh-sungguh dalam menjaga disiplin protokol kesehatan mencegah terjadinya paparan Covid 19.

"Semoga hal ini menjadi bagian dari upaya kita, iktiar kita untuk menjadi lebih baik dengan menjaga protokol kesehatan," ungkapnya. (ian/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00