74 KPM di Desa Nangsri Klaten Terima BLT Dana Desa

KBRN, Klaten : Sebanyak 74 KK warga Desa Nangsri Kecamatan Maninsrenggo Klaten yang terdampak Covid 19 menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD).

Kepala Desa Nangsri , Sumarjo mengatakan, tahun 2020 lalu penerima BLT Dana Desa di Desa Nangsi  mencapai 165  kepala keluarga (KK) dari 14 KK, sedangkan untuk tahun 2021 hanya 74 KK juga dari 14 RW.

“Setiap Keluarga Penerima Manfaat KPM memperoleh bantuan langsung tunai BLT Dana Desa DD sebesar Rp300 ribu  rupiah selama 12 bulan,” tandasnya, Rabu (5/5/2021).

Dikatakannya, penerima BLT Dana Desa tahun 2021 di Desa Nangsri  menurun hingga 91 KK  karena perekonomian warga Desa Nangsri sudah lebih baik.

“Yang menerima BLT ini kita fokuskan yang betul-betul miskin kalau tahun 2020 lalu kaya dan miskin berdampak Covid 19 semua karena yang menerima BLT ini juga melalui tim gugus tugas RT/RW,” tandasnya.

Menurut Sumarjo, yerkait penerima BLT Dana Desa DD tahun 2021 menurun di bandingkan tahun 2020 sejauh ini tidak ada pertanyaan dari warga. 

Sedangkan Pencairan BTL ini baru tahap kedua yakni BLT tahap pertama di bulan januari di salurkan pada bulan April lalu sebesar Rp 300 ribu di tahap kedua untuk bulan Februari di cairkan bulan Mei ini (5/5/2021) karena tergantung turunnya dana desa.

“Dengan harapan BLT untuk membantu bisa mengurangi beban warganya yang terdampak covid 19 untuk memenuhi kebutuhan pokok jangan untuk beli pulsa,” tandasnya.

Sementara itu salah satu penerima BLT, Suparmo (60) tahun warga setempat mengatakan pihaknya sudah menerima BLT dua kali yakni bulan April menerima Rp300 ribu dan bulan Mei juga Rp300 ribu.

“Ya mendapat BLT ini merasa senang untuk kebutuhan rumah tangga apalagi sudah mendekati lebaran,” ujarnya.

Di sisi lain Camat Manisrenggo, Rahardjo Budi Setiyono S.Sos Msi di sela memantau pencairan BLT di Desa Nangsri mengatakan, dalam pencairan Bantuan Langsung  Tunai BLT DD tersebut sudah sesuai Protokol Kesehatan seperti jaga jarak, tidak berkerumun, menyediakan tempat cuci dengan sabun, cek suhu, memakai masker.

“Bantuan BLT dana desa tersebut diharapkan bisa mengurangi beban warga yang damapak covid 19 agar digunakan untuk kebutuhan rumah tangga apalagi ini momen lebaran,” tandasnya. (yon/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00