Rawan Kerumunan, Sri Sultan HB X Pastikan Tak Gelar Open House

KBRN, Yogyakarta : Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X memastikan tidak akan menggelar open house dalam perayaan Hari Raya Idul Fitri tahun ini.Hal itu disampaikan Sri Sultan Hamengku Buwono X kepada wartawan usai menghadiri rapat paripurna di DPRD DIY, Rabu, (5/5/2021).

Sri Sultan menjelaskan pada tahun lalu, juga tidak menggelar open house. Tidak dilaksanakannya open house dikarenakan kegiatan itu dapat menimbulkan kerumunan yang berpotensi menjadi tempat penyebaran Covid-19.

Sri Sultan juga mengimbau kepala daerah di kabupaten dan kota tidak menyelenggarakan open house.

"Saya enggak. Tahun kemarin kan kami juga tidak menyelenggarakannya. Itu tempat berkerumun, jadi tidak usah saja," katanya.

Sementara itu, Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan Gubernur dan Wakil Gubernur tidak menyelenggarakan open house. Para pejabat kepala dinas di lingkungan Pemda DIY wajib mengikuti kebijakan itu.

"Kami pastikan open house tidak ada. Gubernur tidak ada open house, wakil gubernur juga tidak ada open house. Kepala Dinas pun sama, tidak boleh menggelar open house. Kalau mau buka pintu monggo silakan, tapi jangan memberikan ruang yang mengundang banyak orang, karena bisa menimbulkan kerumunan. Ini tidak hanya untuk pejabat ASNnya, tetapi juga keluarganya," terangnya saat rapat kerja bersama Komisi A DPRD DIY, di ruang rapat paripurna DPRD DIY. (wur/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00