Penerima BST Kemensos di Desa Taskombang Klaten 292 KK

KBRN, Klaten : Warga penerima bantuan sosial tunai (BST) dari Kementrian Sosial (Kemensos) tahun 2021 yang terdampak Covid-19 di Desa Taskombang Kecamatan Manisrenggo Klaten menurun hingga  40 persen.

Kepala Desa Taskombang Aris Sumarno mengatakan, tahun 2020 lalu penerima BST  dari Kemensos di Desa Taskombang  mencapai 537 kepala keluarga (KK) dari 11 RW sedangkan di tahun 2021 hanya 292 KK juga dari 11 RW dan BST tersebut diterimakan melalui kantor Pos Klaten yang diberikan di Aula Desa Taskombang.

Menurutnya, setiap Penerima BST  memperoleh bantuan sebesar 600 ribu untuk bulan Januari dan Februari sudah disalurkan, setiap penerima memperolah 300 ribu, Februari juga memperoleh 300 ribu.

“Penerima BST dari Kemensos tahun 2021 di Desa Taskombang  menurun hingga 40 persen, karena itu mungkin dana dari Kemensos kalau informasi dari Kantor Pos disamakan dengan Dukcapil, mungkin ada yang belum ngurus KTP,  mungkin ada masalah di kependudukannya atau mungkin ada yang doble, misalnya suami dan Istri dapat semua,” tandasnya, Kamis (15/4/2021).

Lebih Lanjut Kepala Desa Taskomban,g Aris Sumarno mengatakan terkait penerima BST di Desa Taskombang menurun hingga 40 persen, memang banyak  pertanyaan dari warga melalui WA, misalnya tahun 2020 mendapat BST tapi sekarang tidak dapat BST.

“Ya kita jawab di sana ada by namenya kita tidak bisa menentukan kalau dulu penerima BSTnya banyak sekarang penerima BST sedikit,” lanjutnya. 

Ia menegaskan, bantuan sosial tunai dari Kemensos tersebut untuk membantu, mengurangi beban masyarakat yang terdampak Pandemi Covid-19 yang sampai saat ini juga belum berakhir. 

Sementara itu, Penerima BST Giyono (33) tahun warga Tegal Pasiran Desa Taskombang mengatakan, pihaknya sudah mendapat 3 kali yakni bulan Januri, Februari memperoleh Rp600 ribu dan  bulan Maret  diberikan bersamaan bulan April jadi menerima doble. (yon/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00