Pemkot Yogya Terbitkan SE Mengatur Penyelenggaraan Ibadah Selama Ramadhan 1442 H

KBRN, Yogyakarta : Pemerintah Kota Yogyakarta menerbitkan Surat Edaran (SE) Walikota nomor 451/1353/SE/2021 tentang pedoman penyelenggaraan kegiatan ibadah Ramadan dan Salat Idul Fitri 1442 H di Kota Yogyakarta pada masa pandemi Covid-19 tahun 2021.

SE Walikota Yogyakarta sebagai upaya mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19 serta memberikan rasa aman kepada umat Islam di Kota Yogyakarta dalam menjalankan ibadah pada Bulan Suci Ramadan dan Shalat Idul Fitri Tahun 1442 H / 2021.

Mengatur penyelenggaraan ibadah hingga kegiatan berbuka puasa, Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan, Surat Edaran tidak mengubah aturan aktifitas masyarakat termasuk selama pelaksanaan ibadah Ramadhan bagi umat muslim.

Menurutnya, aturan yang diterapkan selama penyelenggaraan kegiatan ibadah maupun buka bersama sesuai dengan aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang sudah ada.

"Buka bersama dimungkinkan tetapi sesuai kapasitas dalam PPKM itu 50 persen dan segala macam, jadi kita tidak akan menambah sesuatu yang sudah diatur dalam edaran PPKM," katanya, Rabu (14/4/2021).

Dalam SE tersebut diantaranya mengatur bahwa pengurus dan pengelola masjid/mushala wajib menunjuk petugas yang memastikan penerapan protokol kesehatan dan mengumumkan kepada seluruh jamaah.

Sedangkan teknis selama penyelenggaraan kegiatan ibadah seperti shalat fardu lima waktu, shalat tarawih dan witir, tadarus Al-Qur'an, dan iktikaf dengan pembatasan jumlah kehadiran paling banyak 50% dari kapasitas dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, serta menjaga jarak aman minimal 1 meter antar jamaah, dan setiap jamaah membawa sajadah/mukena masing-masing.

Sementara untuk Pengajian/Cerama Taushiyah/Kultum Ramadan dan Kuliah Subuh paling lama dengan durasi waktu 15 menit.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00