PTQ RRI Jogja Hasilkan Juara Terbaik

KBRN, Yogyakarta : Lembaga Penyiaran Publik (LPP) RRI Yogyakarta, menggelar Pekan Tilawatil Qur'an, di Studio RRI jalan Amat Yazuli Kotabaru, pada Selasa (13/4/2021).

Kegiatan ini mengangkat tema, ‘Melalui PTQ Kita Tingkatkan Nilai-nilai Al Qur'an untuk Membangun Spirit Generasi Millenial Menuju SDM Unggul, Indonesia Maju’.

Dalam kegiatan yang disiarkan secara live streeming melalui channel youtube RRI JOGJA OFFICIAL tersebut, kategori yang dilombakan meliputi, Tilawah, Tahfid dan Tausiah, baik untuk putra maupun putri.

Pada kesempatan tersebut, Kepala LPP RRI Yogyakarta, Danang Prabowo ketika membuka PTQ  selain menyampaikan rasa terimakasih atas dukungan dari Kanwil Kementrian Agama DIY yang telah mengirimkan para dewan yuri, sekaligus berharap apapun hasil lomba ini akan mampu membawa nama baik RRI Yogyakarta.

“Apapun hasilnya nanti, kami berharap akan mampu menghasilkan wakil-wakil DIY dan membawa nama baik DIY ke tingkat nasional, dengan hasil yang terbaik baik pula,” harapnya, saat membuka PTQ, di Studio 1 RRI.

Sementara Ketua Panitia PTQ, Surya Bachtera melaporkan bahwa PTQ RRI Yogyakarta ini diikuti peserta dari berbagai kalangan, baik dari pondok pesantren, perguruan tinggi dan dari unsur masyarakat.

“Dalam PTQ saat ini, diikuti sebanyak 59 orang dengan rincian untuk kategori Tausiah sebanyak 22 orang, Tilawah-25, dan Tahfidz sebanyak 11 orang,” terangnya.  

Dijelaskan, bagi juara pertama untuk kategori Tilawah, akan mewakili Yogyakarta ke PTQ Tingkat Nasional di Palembang Sumatera Selatan. Sedangkan untuk juara Tahfid dan Tausiah masih akan diseleksi lagi di tingkat Korwil (koordinator wilayah) yang akan dilangsungkan pada 18 April secara virtual di Semarang.

Di sisi lain, Rini Handayani selaku Seksi Lomba PTQ menyebutkan, bagi juara di tingkat Korwil nantinya akan dikirim juara I yang berhak mewakili Korwil 11 ke PTQ Nasional di Palembang pada tanggal 1 hingga 5 Mei 2021.  

Untuk Lomba Tilawah Putra, juara pertama pertama diraih oleh Lalu Amiaziz Saputra, disusul Muhammad Ali Romdoni-juara II, Ahmad Nabil Mubarok-juara III. Sedangkan untuk Putri, juara pertama Iffan Munifah Zahroh Muna, kedua-Siti Nurul Zakiah, dan ketiga-Muftkhatul Muna.

Untuk kategori Lomba Tahfid Qur’an Putra, juara pertama-Danial Fayadl, dan juara kedua-Farhan Ahmad, sedangkan Tahfid Putri diraih oleh Aisy Maziyah sebagai juara pertama, Isqi Nafsaki-juara dua, dan Aisyah Azhar-juara ketiga.

Untuk Lomba Tausiah Putra, juara pertama Yocky Fauzy, disusul Muhammad Ali Ridho diurutan kedua, dan Khairul Umam-urutan ketiga. Sedangkan Tausiah Putri, juara pertama-Evis Sherly Sulistiawati, kemudian-Dina Arifka sebagai juara dua dan Choirunnisa Indah Safiqri-juara ketiga.

Dewan Yuri PTQ LPP RRI Yogyakarta berasal dari Kementrian Agama DIY dan Kota Yogyakarta, antaralain Prof. DR. KH. Abdul Mustaqim, M.A, sebagai Ketua sekaligus anggota, Drs. H Nurohman, M.A selaku anggota dan Dr. Munjahid M.Ag sebagai anggota.

Penyerahan hadiah, piagam, piala kejuaraan dilakukan langsung oleh Kepala LPP RRI Yogyakarta Drs. Danang Orabiwo, M.Si, di Studio 1 RRI Yogyakarta  di Kotabaru, pada Rabu (14/4/2021). (yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00