Kerja Sama Empat Negara ASEAN Bangkitkan Pariwisata Diapresiasi

Ilustrasi - Sejumlah warga dengan alat pelindung dan masker di wajahnya berjalan di pinggir danau saat turut berkunjung pada pembukaan objek wisata Ulun Danu Beratan, Tabanan, Bali, Senin (20/7/2020). . ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/aww.

KBRN, Jakarta: Pelaku industri pariwiisata mengapresiasi kerja sama empat negara ASEAN untuk membangkitkan pariwisata di Asia Tenggara. Hal ini disampaikan Wakil Ketua Asosiasi Pariwisata Nasional (Asparnas), Harry Tjahaja Purnama.

Harry berharap dengan kerja sama ini akan menambah kunjungan pariiwisata ke Indonesia. "Tentunya begitu sehingga Indonesia pariwisatanya tetap maju," kata Harry kepada Pro3 RRI, Minggu (27/11/2022).

Harry berharap empat negara ASEAN ini dapat duduk bersama untuk menentukan peta kerja sama pariwisata itu. "Di situ akan terlihat dengan kerja sama ini akan mempercepat sumber manusia industri pariwisata dan kenaikan tingkat pariwisatanya, itu harus dibahas," ucapnya.

Selain itu, ia menyarankan adanya konektivitas Pariwisata antarnegara ASEAN ini. "Itu semacam sisterhood, Pariwisata ya seperti itu," ucapnya.

Selain itu, ia menyarankan, Pemerintah untuk meningkatkan sumber daya manusia di bidang Pariwisata. "Kita berharap Indonesia mempunyai manusia-manusia yang bagus skill di Pariwisata, walaupun kita tahu Bali itu sangat bagus pelayanannya tetapi kita menginginkan kalau bisa seluruh Indonesia," ujarnya.