Peringatan Hari Anak Nasional Tingkat Kab. MALRA Baru Dilaksanakan Pada 13 Agustus 2022

Bupati MALRA M. Taher Hanubun Bersama Bunda PAUD MALRA Ibu Eva Eliya Hanubun Saat Melepas Peserta Karnaval Hari Anak Nasional Tahun 2022

KBRN, Langgur. Dipengaruhi pandemi COVID 19, sehingga kurang lebih 2 tahun, kegiatan mempertemukan anak-anak dalam sebuah event besar terkendala, namun setelah kondisi dirasakan membaik, maka anak-anak usia dini kembali disemangati untuk bergiat mengisi udara kemerdekaan. Hal itu disampaikan Kepala Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter, Bidang Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal (PNF) pada Dinas Pendidikan Nasional Maluku Tenggara, Dorkas Julietta Rafra, SE, selaku Ketua Paniti Penyelenggara Hari Anak Nasional tahun 2022 tingkat kabupaten Maluku Tenggara, yang diisi dengan Karnaval serta Pagelaran Seni dan Kreatifitas anak PAUD pada Sabtu (13/08/2022). Dijelaskan, kegiatan tersebut juga merupakan yang pertama selama dirinya mengemban tugas di Dinas Pendidikan Nasional MALRA sejak bulan Mei 2022.

“Karena kan selama ini, sudah berapa tahun COVID, tidak pernah anak-anak terlibat secara bersama-sama, jadi setelah keadaan sudah membaik, kami rindu untuk anak-anak bisa bersama-sama. Ini kan ajang untuk mereka berani tampil dengan minat dan bakatnya, sekaligus ini kan awal dari kerja saya di Dinas Pendidikan, jadi saya rindu untuk ada perubahan”, ujar Rafra.

Rafra menjelaskan, kegiatan karnaval dan pagelaran anak usia dini tersebut selain dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional tahun 2022, sekaligus menyongsong HUT kemerdekaan RI ke-77 tahun 2022.

Terkait baru dilaksanakannya peringatan Hari Anak Nasional yang seharusnya diperingati pada setiap tanggal 23 Juli, Rafra mengatakan, hal itu disebabkan kunjungan isteri Gubernur Maluku di bulan Juli lalu, sehingga berdasarkan pertimbangan Bunda PAUD Maluku Tenggara, maka kegiatan ditetapkan pada bulan Agustus, sekaligus menyongsong HUT kemerdekaan tahun 2022.

“Sebenarnya Hari Anak kan tanggal 23 Juli, tapi karena bertepatan dengan kedatangan ibu Gubernur, makanya setelah kami koordinasi dengan bunda PAUD Maluku Tenggara ibu Eva Eliya Hanubun, beliau katakan bahwa, tunggu ibu Pratiwi M. Ismail kembali ke Ambon dulu, sehingga disepakati peringatan Hari Anak Nasional di Maluku Tenggara pada tanggal 13 Agustus ini, dan menjelang HUT kemerdekaan jadi sekaligus kita meramaikan HUT kemerdekaan”, terang Rafra.

Rafra menambahkan, peringatan Hari Anak Nasional tahun 2022 tingkat kabupaten Maluku Tenggara, dilaksanakan serempak di semua kecamatan se-Maluku Tenggara, bertempat di masing-masing kecamatan, sementara khusus di kecamatan Kei Kecil, dilepas oleh Bupati Maluku Tenggara Drs. Hi. M. Taher Hanubun bersama Bunda PAUD MALRA, ibu Eva Eliya Hanubun, diikuti oleh 38 lembaga PAUD di kecamatan Kei Kecil, dengan dukungan Tim Penggerak PKK kabupaten Maluku Tenggara dan pihak terkait, di antaranya Dinas Kesehatan, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas PPKB, Dinas PMDPPA, Dinas KOMINFO MALRA juga Bank BRI, Bank Maluku dan Bank Modern Ekspres.

Karnaval yang mengambil start di pelataran gedung DPRD Maluku Tenggara Jln. Soekarno-Hatta Ohoijang, mengambil finish di gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (DEKRANASDA) MALRA, yang dilanjutkan dengan pagelaran seni dan kreatifitas anak-anak PAUD di tempat tersebut.P12

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar