Jambore Pesisir V Watub Fawnil Kota Tual Dibuka Secara Resmi Oleh Walikota Tual

Walikota Tual Adam Rahayaan (Berkopiah, Tengah) dan Ketua KWARCAB PRAMUKA Kota Tual Usman Tamnge Saat Menyematkan Tanda Peserta Jambore Pesisir V Kota Tual 2022

KBRN, Tual. Program PRAMUKA sebagai sistem pendidikan non formal yang membantu dan melengkapi pendidikan formal disambut baik dan mendapat dukungan penuh pemerintah.

Hal tersebut disampaikan Walikota Tual, Adam Rahayaan, S.Ag, M.Si pada sambutannya dalam pembukaan Jambore Pesisir V Watub Fawnil Kota Tual tahun 2022, Sabtu (02/07/2022). Dikatakan, gerakan pramuka adalah wahana penting, untuk membentuk watak dan karakter serta kepribadian nasional bagi generasi muda bangsa, juga sebagai tempat menempa ketrampilan dan pengetahuan, memupuk jiwa disiplin, sekaligus membina semangat kebersamaan dan gotong royong bagi para anggotanya.

“Saya atas nama pemerintah daerah, menyambut baik terlaksananya kegiatan ini, karena sebagimana kita ketahui, bahwa gerakan PRAMUKA merupakan suatu sistem pendidikan non formal, yang membantu dan melengkapi pendidikan formal. Gerakan PRAMUKA adalah wahana penting untuk membentuk watak dan karakter, dan kepribadian nasional bagi generasi muda bangsa,” terang Rahayaan.

Rahayaan menambahkan, lewat PRAMUKA juga dapat diperoleh berbagai ketrampilan yang tidak didapat pada bangku sekolah. PRAMUKA mengajarkan berkomunikasi dan berinteraksi dengan berbagai kalangan, belajar sekaligus bermain dan beradaptasi dengan alam bebas, juga membangun keberanian dan rasa tanggung jawab, serta belajar sebagai pemimpin.

“Gerakan PRAMUKA adalah tempat menempa ketrampilan dan pengetahuan, memupuk jiwa disiplin dan membina semangat kebersamaan dan gotong royong bagi para anggotanya. Lewat PRAMUKA ini juga kita dapat belajar berbagai ketrampilan yang tidak kita peroleh di bangku sekolah. Kita belajar berkomunikasi dan berinteraksi dengan berbagai kalangan, kita juga belajar, bermain sekaligus beradaptasi atau menyesuaikan diri di alam bebas. Membangun keberanian dan rasa tanggung jawab,  serta belajar memimpin anggota yang lain,” jelas Rahayaan.

Lebih jauh Rahayaan mengatakan, semua yang diprogramkan di PRAMUKA, menempa anak didik untuk mandiri, serta melahirkan keceriaan, menumbuhkan jiwa korsa, berani, bertanggung jawab, berdisiplin dan terampil, sehingga semua anggota PRAMUKA harus bangga menjadi bagian dari kepanduan tersebut.

Usai menyampaikan sambutan, dilanjutkan dengan penekanan tombol sirine oleh Walikota Tual didampingi Ketua Kwratir Cabang (KWARCAB) PRAMUKA Kota Tual Usman Tamnge, serta Ketua Harian KWARCAB Tual Mudatsir Tamher, disusul penyematan tanda peserta jambore dan menyaksikan sajian atraksi seni dan ketrampilan peserta jamboree, diakhiri dengan mengunjungi langsung para peserta jambore pesisir V Watub Fawnil Kota Tual di kemahnya masing-masing, yang disambut gembira seluruh peserta.P12

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar