SMA Katolik Juga Akan Didirikan Di Kota Tual

Uskup Diosis Amboina Mgr. Seno Ngutra Pr. Diapit Ketua YPKKA Pastor Agustinus Arbol dan Asisten 1 SETDA Kota Tual Rini Atbar bersama Para Pimpinan Umat dan Pimpinan TNI POLRI di Kota Tual dan MALRA

KBRN, Tual. Masyarakat Kota Tual minta Uskup Diosis Amboina dan Yayasan Pendidikan Katolik Keuskupan Amboina (YPKKA) mendirikan wadah pendidikan setara SMA di wilayah itu.

Hal itu disampaikan Jamaludin Rettob, S.Pd selaku warga bumi Maren, saat menyampaikan pengalaman sekaligus harapan selaku alumni SMP Pattimura Tual, dalam acara Peresmian Kolese Mathias Tual, Peresmian SMP Katolik Pattimura Tual sekaligus Perayaan HUT YPKKA ke-74, pada hari Sabtu (14/05/2022), bertempat di halaman SD Mathias 1 dan 3 Tual. Rettob menjelaskan, sudah saatnya jenjang SMA didirikan oleh yayasan tersebut, sebagaimana yang terdapat di kabupaten Maluku Tenggara.

“Kalau bisa, bapak Uskup usahakan salah satu SMA, yang ada di lokasi ini, karena sejarah mencatat Kota Tual tidak punya SMA atau SMK yayasan. Seluruhnya ada di kabupaten Maluku Tenggara. Di sana ada SMA Sanata Karya. Di sana ada, STM Siwalima Langgur. Di sana ada SMK Pariwisata, ne Am Kot Tua, am dok Ma nonton wat (tapi di Kota Tual hanya menonton saja),” kata Rettob.

Menanggapi harapan tersebut, Uskup Diosis Amboina, Mgr. Seno Ngutra Pr. menandaskan, dalam waktu dekat, sebuah SMA Katolik juga akan dibangun di Kota Tual.

“Jadi, karena sudah ada 3 SD maka SMP Pattimura adalah jenjang yang kedua, karena juga sudah ada TK. Ke depan, dalam waktu yang relatif singkat, pasti SMA yang dirindukan itu, pasti aka nada. Karena itu, kemarin saya dengar bapak Walikota sudah merencanakan. Terima kasih nanti sampaikan kepada Walikota,” terang Uskup Seno Ngutra.

Uskup Ngutra menjelaskan, hal tersebut telah dibicarakan dengan pemerintah Kota Tual, yang juga berupaya membangun SMP Katolik Pattimura menjadi wadah pendidikan yang bukan sekedar menjadi tempat menimba ilmu, namun sekaligus mewujudkan partisipasi umat Katolik membangun Bumi Maren yang mayoritas penduduknya beragama Islam.P12

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar