Dispar Malra Terus Kembangkan Potensi SDM Pariwisata.

KBRN, Langgur: Kepala Dinas Pariwisata Maluku Tenggara, Nurjanah Yunus mengatakan, pengembangan kompetensi sumber daya manusia pariwisata sangat penting bagi perkembangan sektor tersebut ke depannya.

Apalagi sebagai wilayah yang mengutamakan pariwisata sebagai salah satu pendapatan asli daerah, hal itu dianggap penting, maka pihaknya melakukan berbagai cara untuk memaksimalkan hal dimaksud.

"Pengembangan kompetensi sumber daya manusia pariwisata dan ekonomi kreatif tingkat dasar, serta pelatihan peningkatan SDM pelaku usaha pariwisata, sangat perlu untuk menunjanh pariwisata didaerah kita ini,” ungkap Kadis yang akrab disapa Ana Yunus.

Ia mencontohkan, pada pelatihan pengembangan kompetensi sumber daya manusia pariwisata dan ekonomi kreatif tingkat dasar yang digelar pekan lalu, para peserta diajarkan tentang cara membuat kerajinan tangan menggunakan bahan lokal yang mudah didapat dan murah. Selain itu, mereka juga diajarkan cara memasarkan produk hingga manajemen keuangan.

Ana Yunus menjelaskan, pihaknya akan terus memantau perkembangan peserta yang dilatih, kemudian menilai dan mengketegorikan peserta berdasarkan perangkingan.

Perangkingan dimaksudkan untuk membedakan jenis pelatihan dan pendampingan yang akan diberikan kedepan.

“Jadi, peserta yang naik kelas dikategorikan sebagai peserta advance, mendapat pelatihan tingkat atas. Sedangkan peserta yang tinggal kelas akan diberikan pelatihan yang disesuaikan dengan kondisi peserta,” terangnya.

Ana Yunus berharap, dengan demikian, sektor pariwisata dapat lebih berkembang dan dapat bersaing dengan daerah lainnya, serta pada akhirnya membawa dampak positif bagi masyarakat Maluku Tenggara pada khususnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar