KPU Malra Akan Menggelar Sosialisasi Pendidikan Politik bagi Pemilih Pemula.

Ketua KPU, Kabupaten Maluku Tenggara, Basuki Rahmat Oat

KBRN, langgur : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaupaten Maluku Tenggara, dengan berbagai bersiapan yang diselenggarakan dalam menyambut Pemilihan Umum (Pemilu) 14 Februari 2024 mendatang, kini mulai gencar melakukan sosialisasi kepada pemilih di Maluku Tenggara terkait dengan penguatan pendidikan politik terutama pada Pemilih Pemula.

Ketua KPU, Kabupaten Maluku Tenggara, Basuki Rahmat Oat, mengatakan KPU Maluku Tenggara sudah meneyelenggarakan sosialisasi di Sekolah Tinggi Ilmu-Ilmu Sosial (STIS) Mutiara dan Sekolah  Tinggi Ilmu Administarsi Langgur pada awal tahun 2020 lalu.

Menurutnya, pendidikan politik bagi pemilih pemula disiapkan lebih awal, untuk meningkatkan pemahaman para pelajar,  sehingga tidak mudah terpengaruh oleh isu-isu hoaks  dalam penyelengaraan pesta demkorasi serentak 2024 mendatang.

Dikatakan, pemilih pemula punya peran yang sangat besar dalam pemilu 2024,  karena edukasi yang dilakukan melalui sarana pendidikan politik, di harapkan dapat mampu meningkakan partisispasi politik para pemilih di Maluku Tenggara.

“Sebelumnya itukami sudah lakukan sosialisasi di STIS Mutiara dan STIA Langur untuk memebrikan penguatan Pendidikan politik bagi mahasiswa, tetapi dengan adanya covid-19 maka kami memang tidak lakuan secara maksimal, tetapi untuk tahun ini KPU akan terus sasar sekolah-sekolah untuk ada kerjasma sehingga kegiatan sosialisasi Pendidikan politik ini dapat berjalan dengan baik, karena pemilih pemula ini merupakan hal yang baru dan harus ada pengawalan khusus dalam penyelenggara Pemilu 14 Februari 2024 mendatang.” Tegas Rahmat Oat.

Rahmat Oat, tekankan kepada pemilih pemula agar tidak terpengaruh dengan praktik politik uang, olenya itu KPU Maluku Tenggara terus berupaya untuk peningkatan partisipasi pemilih pemula dalam menggunakan hak pilihnya dalam pemilu 2024, sehingga menghasilkan pemimpin yang memiliki legitimasi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar