Layanan Sejuta Akseptor Mewarnai Peringatan Harganas Tahun 2022 di Maluku Tenggara.

m. tahil renhoran, kadis pengendalian penduduk dan keluarga berencana.jpeg

KBRN, Langgur : Hari Keluarga Berencana Nasional (Harganas) yang diperingati setiap tanggal 29 Juni, dimaksudkan untuk mengingatkan kepada seluruh masyarakat Indonesia akan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara.

Di Maluku Tenggara, berbagai kegiatan turut diselenggarakan dalam rangka memperingati Harganas tahun ini. Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Maluku Tenggara, Muhammad Thalib Renhoran, kepada RRI Rabu (29/06/2022) mengatakan, fokus kegiatan yang dilakukan pihaknya dalam memperingati Harganas tahun ini adalah layanan sejuta akseptor kepada pasangan usia subur secara gratis.

“Kami melaksanakan dengan berbagai kegiatan, yang pertama itu adalah pelayanan sejuta akseptor secara gratis kepada masyarakat terutama pasangan usia subur, yang membutuhkan pelayanan Keluarga Berencana secara gratis kemudian pelayanannya di tempat, jadi langsung kepada masyarakat, sehingga antusias masyarakat dalam mengikuti pelayanan itu sangat tinggi dan mendapat support yang luar biasa dari Camat dan Kepala Desa.” jelas Renhoran.

Renhoran menjelaskan, layanan sejuta akseptor dilakuakan secara jemput bola, diselenggarakan di setiap Kecamatan di Maluku Tenggara, dengan fokus perhatian pada beberapa Kecamatan yang terindikasi memiliki pasangan usia subur tinggi, seperti Kecamatan Hoat Sorbay, Kecamatan Kei Kecil, dan Kecamatan Kei Kecil Barat.

“Jadi pelayanan sejuta akseptor itu, dilaksanakan di beberapa Kecamatan, antara lain Kecamatan Hoat Sorbay, Kecamatan Kei Kecil, lalu Kecamatan Kei Kecil Barat, itu difokuskan pada titik-titik yang pasangan usia suburnya tinggi, sementara tingkat kepesertaan ber-KB-nya itu rendah, lalu pelayanan itu diawali dengan penyuluhan kepada masyarakat.” tambahnya.

Selain layanan sejuta akseptor gratis, terdapat pula beberapa kegiatan yang diselenggarakan untuk menyemarakkan peringatan Harganas tahun 2022, seperti pemilihan Duta Generasi Berencana, yang melibatkan siswa tingkat SMA di Maluku Tenggara, pelaksanaan Jambore Remaja, dan kegiatan lainnya.

Renhoran berharap, melalui peringatan Harganas, peran orangtua dalam upaya peningkatan kualitas keluarga terus ditingkatkan, dengan pemenuhan gizi bagi anak, guna membantu percepatan penurunan stunting di Maluku Tenggara, sebagaimana tema yang diusung dalam peringatan Harganas tahun 2022 ini.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar