DWP Kemenag Tual Selenggarakan Pemeriksaan IVA Tes dan Sadanis.

ketua dwp kemenag tual (ke-tiga dari kiri) bersama tim pelaksanaan iva tes dan sadanis.jpeg
suasana sosialisasi sebelum iva tes dan sadanis.jpeg

KBRN, Tual : Dharma wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama Tual bersama Dinas Kesehatan Kota Tual selenggarakan pemeriksaan IVA dan Sadanis untuk mendeteksi adanya gejala tertentu pada rahim dan payudara.

Kegiatan yang berlangsung pada  Rabu 10 Agustus 2022 di Balai Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Tual itu merupakan kerjasama DWP Kementerian Agama RI dan Kementerian Kesehatan RI dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 di tahun 2022.

Ketua DWP Kementerian Agama Tual Hayati Rumaf usai pelaksanaan kegiatan kepada media ini mengatakan, selain DWP, pihaknya juga melibatkan seluruh ASN perempuan di lingkup Kemenag Tual, KUA, para guru madrasah serta kelompok Majelis Taqlim di Kota Tual.

Dan dari seluruh peserta yang mengikuti tes deteksi IVA dan Sadanis, terdapat salah satu perempuan yang terindikasi alami gangguan organ rahimnya.

“Jadi yang dilibatkan itu dari ibu-ibu DWP, ASN perempuan di Kemenag Tual, trus juga KUA, madrasah-masdarah dan Majelis Taqlim, itu kami sengaja libatkan, dan ini adalah kerjasama kami dengan Dinas Kesehatan. Nah, dari keseluruhan para ibu dan wanita yang ikut tes itu, ternyata ditemukan satu diantaranya terdeteksi gangguan di bagian rahim, dan oleh Dinas kesehatan langsung akan ditangani lebih lanjut.” Tandas Rumaf.

Selaku ketua DWP, Rumaf sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan yang dilakukan secara Nasional itu,karena menurutnya masih banyak kaum perempuan yang tidak mempedulikan betapa pentingnya kesehatan organ kewanitaannya sehingga rentan terpapar virus-virus tersebut.

“Saya melihat kegiatan ini sangat bagus karena kenyataannya adalah, rata-rata perempuan-perempuan yang ada disini (Kota Tual_red) tidak terlalu peduli dengan penyakit yang menyangkut dengan kewanitaan seperti kanker serviks, jadi menurut saya kegiatan ini sangat baik dalam rangka meningkatkan pengetahuan ibu-ibu kita terkait bahaya kanker serviks ini, dan alhamdulillah mereka sangat merespon dengan baik, selama sosialisasi maupun pelaksanaan tesnya.” Tambahnya.

Rumaf berharap kedepan kegiatan tes IVA dan sadanis dapat terus dilakukan secara rutin, dengan melibatkan seluruh unsur terkait guna mencegah bertambahnya jumlah penderita gangguan organ kewanitaan di Indonesia khususnya Kota Tual.

                                                                                                      

                                                  

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar