Kota Tual dan Maluku Tenggara, Menghadapi Musim Peralihan dari Musim Penghujan ke Musim Panas.

prakirawati_bmkg_kota_tual_dan_malra_devika_manu.jpeg

Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara kini tengah memasuki musim peralihan dari musim penghujan ke musim panas atau pancaroba. dimana kondisi cuaca mulai panas namun di selingi hujan terutama di saat siang hingga sore hari.

Penjelasan ini di sampaikan Prakirawati BMKG Maluku Tenggara dan Kota Tual Devika Manu kepada RRI melalui sambungan telepon seluler Rabu (24/03/2021).

Dijelaskan, adapun curah hujan dengan intensitas sedang hingga berat bergantung pada kondisi perawanan dimana saat terjadi penguapan akan terbentuk awan-awan yang apabila terjadi secara intens maka akan memicu terjadinya curah hujan sedang hingga lebat.

“Sekarang masuk musim pancaroba, jadi kondisinya panas tapi nanti diselingi hujan, apalagi kalo sekitar jam-jam agak siang menuju sore pasti turun hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Tapi tergantung perawanannya kalo misalnya pada saat panas kan otomatis proses penguapan sering terjadi,  nah ketika penguapan itu terjadi nantinya akan terbentuk awan dan kalau pembentukan awannya intens otomatis kemungkinan terjadinya hujan juga intensitasnya bisa sedang bahkan lebat.” Jelas Devika.

Sementara untuk tiupan angin, jelas Devika sesuai pengamatan pihaknya tiupan angin di kedua daerah ini cenderung angin kalem atau tidak terlalu kencang berkisar kurang dari lima knot.

Devika menambahkan, hujan berpeluang terjadi hingga bulan mei 2021 dan selanjutnya akan memasuki musim kemarau hingga akhir tahun.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar