Pengusaha UKM Dukung Dinas Teknis Lakukan Pemberdayaan Lewat Program Pelatihan.

KBRN, Langgur: Pengusaha rumahan atau home industri di Kabupaten Maluku Tenggara mengapresiasi instansi-instansi yang terus giat memberdayakan UKM dalam hal pengembangan usaha.

Salah satunya dari Desa Ohoidertavun Bawah, Ulfa Hayer, yang berbisnistik dari olahan sumber daya alam lokal. Dikatakan beberapa dinas salah satunya Dinas Perikanan, sering membuat pelatihan, guna memberikan ilmu pengolahan makanan kepada mereka, sebagai modal usaha rumahan dan hal ini patut diapresiasi.

"Sering ada pelatihan terus dari dinas-dinas terutama itu Dinas Perikanan yang paling banyak memberikan kita pelatihan, tentang cara pembuatan stik dan pengolahan ikan, hampir dalam satu tahun ada sekitar 4 kali setahun dan langsung dicoba, Alhamdulillah jadi. Karena kalau kita ikuti kegiatan kita harus fokus, agar nanti setelah selesai, dapat kita praktekkan dan bisa menjadi modal usaha kita sendiri," tukas Hayer menjelaskan.

Menurut Hayer, harus lebih banyak dilakukan program seperti pelatihan dan pendidikan kewirausahawan, agar pengusaha kecil dan menengah bukan saja belajar tentang cara mengolah bahan hingga produksi, tetapi juga belajar ilmu marketing yang sangat penting untuk menunjang perkembangan usahanya ke depan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar