Pelabuhan Yosudarso Tual Tidak Terdaftar Pelabuhan Internasional, Kegiatan Ekspor Terkendala.

epala Seksi Kepabeanan Cukai Dan Dukungan Teknis, Kantor Bea Cukai Tual, Nuryanto

KBRN, Tual : Kegiatan Ekspor Produk Perikanan dari Tual Ke Luar Negeri menjadi kendala, karena Pelabuhan Yosudarso Tual belum terdaftar Pelabuhan Internasional. Padahal jika dilihat Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual memliki sumber kekayaan alam yang banyak untuk bisa di ekspor ke Luar Daerah.

Kepala Seksi Kepabeanan Cukai Dan Dukungan Teknis, Kantor Bea Cukai Tual,  Nuryanto, mengatakan Pelabuhan Yosudarso Kota Tual hingga saat belum masuk pada gategori Pelabuhan Internasional, karena infrastruktur pelabuhan tersebut belum secara optimal.

Menurutnya, kota tual dan kabupaten maluku tenggara,  merupakan daerah penghasil ikan terbanyak di Provinsi Maluku,  namun produk perikanan ketika di ekspor keluar negeri menjadi kendala.

Hal ini menjadi pekerjaan Rumah bagi Bea Cukai, Pemerintah daerah serta Dinas terkiat agar kedepan saling berkoordinasi untuk mendukung serta berkontribusi dalam membenahi kekurangan infrastruktur Pelabuhan yosudarso kedepan lebih baik, sehingga kegiatan ekspor tetap berjalan normal.

“Untuk kegiatan eskpor dari tual ke luar negeri ini memang kami merasa kesulitan karena Pelabuhan kita tidak terbaca ketika kapal pengangkut yang masuk di daerah tual, sementara untuk kegiatan  kegiatan impor ke kota tual selama ini baik, memang ada kendala tetapi tidak begitu besar karena cepat untuk dibenahi.” Kata Nuryanto

Dijelaskan, secara umum kegiatan ekspor   selama yang dilakukukan Bea Cukai Tual dengan cara Ekspor Non Multi Moda, menggunakan kontainer domestik ke Pelabuhan Surabaya juga menggunakan Kargo Pesawat.   

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar