Ketiga Kalinya, KRI Bima Suci-945 Sandar di Kepulauan Kei.

KBRN, Tual: Bertempat di Dermaga R.E Martadinata Lanal Tual Jln. Yos Sudarso Kelurahan Masrum, Kecamy Dullah Selatan Kota Tual Provinsi Maluku, KRI Bima Suci-945 dalam rangka Kartika Jala Krida (KJK) Taruna/i Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat lll Angkatan Ke-69 tahun 2022, kembali bersandar di kepulauan kei, Selasa (16/8/2022).

Kapal latih yang dikomandani Komandan KRI Letkol Laut (P) M. Sati Lubis , S.T., M.Sc., CHRMP ini membawa 102 taruna-taruni AAL  disambut Forkopimda Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara dengan hangat.

Dimulai dengan penyambutan secara adat oleh Raja Tuvle Tual Jafar Tamher S.E, kepada Dan KRI serta perwakilan taruna-taruni, dilanjutkan dengan pengalungan selendang khas kei, serta disambut dengan tarian adat kei.

Hadir pada acara penyambutan, Bupati Maluku Tenggara, M.Thaher Hanubun dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada KRI Bima Suci-945 beserta Taruna/i Satgas KJK di tanah Larvul Ngabal Kepulauan Kei.

Dalam sambutannya, Bupati menjelaskan, kepulauan kei merupakan daerah yang strategis dan bersejarah, dimana kepulauan kei berada di perbatasan langsung dengan Australia dan juga memiliki sejarah yang biasa didengar tentang pertempuran Laut Aru.

Kepulauan Kei juga memiliki Destinasi Wisata kurang lebih 100 tempat wisata yang sangat indah, salah satunya pasir terhalus di dunia juga ada disini, jadi Bupati meminta Danlanal Tual agar bisa mengajak Taruna/i untuk mengunjungi lokasi tersebut, tandas Bupati.

Sementara itu, Komandan (Dan) KRI Bima Suci-945, Letkol Laut (P) M. Sati Lubis , S.T., M.Sc., CHRMP mengatakan, akan mendukung kegiatan HUT RI ke 77 di kabupaten Malra dan kota Tual, dengan melaksanakan open ship untuk masyarakat umum serta kegiatan kirab, dan kegiatan cocktail party, selama berada di kepulauan kei.

"Kami atas nama Satgas Kartika Jala Krida (KJK) mohon ijin kepada Forkopimda beserta Masyarakat Kei untuk kami singgah disini untuk beberapa hari kedepan." 

Usai acara penyambutan, Forkopimda kabupaten Malra dan Kota Tual melakukan kunjungan (On board) di KRI Bima Suci-945 serta melihat-lihat isi kapal latih megah tersebut.

Adapun ABK dan taruna-taruni yang ikut pelayaran di KRI Bima Suci-945 terdiri dari;1. Palaklat Letkol Laut (P) Ahmad Fahribi, S.E., M.M beserta 13 Staff Satlat2. ABK KRI Bima Suci-945 : 95 Personel3. Peserta Latihan Taruna/i Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat lll Angkatan Ke-69 tahun 2022 sebanyak 102 terdiri dari :Korps Pelaut : 49 tarunaKorps Teknik : 17 tarunaKorps Elektro : 19 taruna Korps Suplay : 17 taruna

Hadir dalam kegiatan penyambutan tersebut; Bupati Malra, Drs H. M Thaher Hanubun M.Si, Wakil Walikota Tual, Usman Tamnge S.E, Ketua DPRD Kota Tual Syarifudin Borut, S.E, Danlanal Tual, Kolonel Laut (P) Indra Dharma, SE. M.Tr. Hanla, Dandim 1503/Tual, Letkol Inf Arfa Yudha Prasetya, Danlanud D Dumatubun Langgur, Letkol. Pnb. Ruli Surya Prihanto S, Kapolres Malra, AKBP Frans Duma, Kapolres Tual AKBP Prayudha Widiatmoko, S.I.K, Kepala Pengadilan Negeri Tual Rosyadi SH M.H.

Setelah berlabuh beberapa hari di kepulauan kei, KRI Bima Suci-945 direncanakan akan berlayar pada tanggal 19 Agustus 2022 nanti, melanjutkan pelayaran menuju Australia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar