Konsep Waterfront City Akan Hiasi Wajah Pantai Kiom.

KBRN, Tual: Kawasan Pantai Kiom saat ini sedang mengalami pembangunan besar-besaran, setelah sebelumnya wilayah itu dijadikan kampung merah-putih, giliran kawasan pantainya disulap menjadi lebih cantik dengan konsep waterfront city. Hal ini dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Tual agar nanti dapat menjadi salah satu destinasi wisata bagi masyarakat setempat dan untuk meningkatkan kualitas lingkungan.

Sesuai informasi, penataan Pantai Kiom mulai dikerjakan secara bertahap pada 2021-2022 dengan anggaran APBN sebesar Rp 15,4 miliar. Saat ini tengah dilakukan pekerjaan jogging track dan fasilitas pendukung lain dengan progres konstruksi mencapai 20 persen. Sehingga diharapkan wisata waterfront city di pesisir Pantai Kiom bisa menjadi kebanggaan masyarakat Kota Tual.

Selanjutnya Pemerintah Kota Tual berencana melakukan penataan kawasan kumuh Apolo yang mencakup lahan seluas 8,08 hektar dengan anggaran APBN sebesar Rp 31,1 miliar. Pekerjaannya berupa rumah swadaya sebanyak 300 unit, pembangunan drainase lingkungan sepanjang 1.240 meter, dan pembangunan jalan lingkungan sepanjang 1.065 meter.

Tak ketinggalan dibangun Instalasi Pengolahan Air atau Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) untuk melayani 300 Sambungan Rumah (SR), juga dibangun Instalasi Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat (SPALD-T) untuk 300 SR. Untuk diketahui, kawasan Apolo terdiri dari 442 KK atau 1.912 jiwa dengan jumlah bangunan 373 unit. Saat ini progres program penataan kawasan kumuh Apolo secara keseluruhan telah mencapai 85,3 persen.

Hingga saat ini, pembangunan pantai Kiom yang habiskan anggaran sebanyak milyaran rupiah terlihat aktivitas pembangunan sementara berlangsung.

Pantai Kiom ini sebelumnya terlihat kumuh dan sangat merusak wajah Kota Tual. Namun komitmen Walikota Tual Adam Rahayaan dan Wakil Walikota Tual Usman Tamnge untuk merubah wajah pantai Kiom dengan perlahan mulai terjawab. Pembangunan Pantai Kiom ini didukung oleh Kementerian PUPR yang dibangun dengan konsep waterfront city.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar