MALRA Utus 16 Anggota PRAMUKA Penggalang Ikuti JAMNAS 2022 Agustus Mendatang

Harce Beruatwarin, S.Pd Pengurus KWARCAB PRAMUKA MALRA

KBRN, Langgur. Untuk mendapatkan utusan terbaik dalam mengikuti Jambore Nasional tahun 2022 yang dijadwalkan berlangsung di Cibubur Jakarta pada bulan Agustus mendatang, maka Kwartir Cabang PRAMUKA Maluku Tenggara telah melakukan seleksi, yang dikhususkan bagi Pangkalan atau Sekolah yang aktif dalam kegiatan PRAMUKA.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua KWARCAB PRAMUKA Maluku Tenggara, yang telah berakhir masa jabatannya pada 2022 ini, Harce Beruatwarin, S.Pd. Dijelaskan, seleksi yang dilaksanakan selama 3 hari itu, menghasilkan 16 anggota PRAMUKA ditetapkan lolos seleksi tersebut, dan akan mewakili MALRA di event JAMNAS 2022.

Beruatwarin menambahkan, saat ini ke-16 anggota PRAMUKA Penggalang tersebut sedang ditempa secara khusus, bahkan akan mengikuti Perkemahan, hingga betul-betul siap membawa nama kabupaten Maluku Tenggara di tingkat Nasional.

“Seleksi pada 2 Minggu lalu, diikuti 9 sekolah yang kami pilih, karena betul-betul pro aktif dalam kegiatan PRAMUKA. Kami sengaja pilih supaya yang terbaik yang kami kirimkan. Dan kami tidak sembarang memilih dan melalui seleksi cukup ketat, dan dilaksanakan selama 3 hari. Jadi dari hasil seleksi itu, 16 orang terpilih dan akan kami berangkatkan ke Jambore Nasional, dan sekarang mereka lagi ditempa, untuk mengikuti pelatihan-pelatihan khusus bahkan akan mengikuti perkemahan, jadi mereka harus dibekali dengan fisik dan materi yang membuat mereka betul-betul membawa nama kabupaten Maluku Tenggara di Jambore nanti,” terang Beruatwarin.

Ditegaskan, ke-16 wakil MALRA pada Jambore Nasional tahun 2022 harus memiliki kesiapan fisik dan mental serta materi-materi penting yang harus dikuasai, sehingga tes fisik dan kesehatan akan dijalani para peserta tersebut, agar pada saat mengikuti ajang Jambore nanti, mereka benar-benar siap. Selaku pengurus Kwartir Cabang PRAMUKA Maluku Tenggara yang tengah melalui masa peralihan jabatan, Beruatwarin mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kabupaten Maluku Tenggara, atas perhatian dan dukungan yang diberikan, sehingga Maluku Tenggara dapat mengikuti JAMNAS kali ini.

“Sudah kami persiapkan namun mereka juga harus mengikuti kegiatan khusus, yaitu tentang tes fisik, dan kesehatan, sehingga betul-betul sehat baru kami berangkatkan. Rencananya kami berangkatkan di akhir bulan Juli atau paling lambat awal Agustus. Dan saya selaku pengurus yang lama, saya jujur bahwa sangat berterima kasih kepada Bupati Maluku Tenggara Hi. M. Taher Hanubun dan Ibu Eva, karena kami KWARCAB Maluku Tenggara secara terus terang saya sampaikan bahwa kami tidak punya dana untuk kegiatan Jambore Nasional, padahal kegiatan PRAMUKA ini adalah untuk pembentukan karakter, yang alokasinya bisa kami akomodir lewat dana BOS pada tiap sekolah, dan pada saat di DISPORA sudah kami upayakan itu, namun belum terakomodir, namun ketika kami berada dalam ketidak berdayaan, Pak Bupati hadir sebagai figure yang sangat membantu Kwartir Cabang PRAMUKA MALRA,” ungkap Beruatwarin.

Beruatwarin yang juga Kepala Bidang SMP pada Dinas Pendidikan Nasional MALRA menjelaskan, kepengurusan KWARCAB di MALRA, walaupun telah berakhir pada Maret 2022, namun belum ada kepengurusan selanjutanya, sehingga pihaknya masih harus mengemban tugas-tugas yang menjadi kewajiban untuk dilaksanakan, dan kepada ke-16 Anggota Penggalang terbaik yang akan mewakili MALRA di Jambore Nasional 2022, diharapkan menunjukkan kemampuan terbaiknya demi nama harum Maluku Tenggara di ajang tersebut.P12

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar