Sekalipun Belum Terdeteksi, Upaya Pencegahan PMK Terus dilakukan Dinas Pertanian Kota Tual.

Pemeriksaan gigi kambing.jpg
drh.Ahmad Nuhuyanan melakukan pemeriksaan.jpg

KBRN, Tual: Dengan wabah penyakit mata dan kuku (PMK) yang saat ini melanda hewan ternak kambing dan sapi, Dinas Pertanian Kota Tual terus melakukan pemeriksaan dan pengawasan yang ketat.

Hal ini disampaikan drh.Ahmad Nuhuyanan dari bidang peternakan. Dikatakan pihaknya terus waspada terkait wabah PMK dengan berkoordinasi lintas sektoral demi mengawasi arus masuk keluar hewan di Kota Tual.

Selain itu pemeriksaan kesehatan rutin juga dilakukan karena selain merupakan program tetap, saat ini juga mendekati momen Idul Adha atau perayaan hari raya kurban, maka hal tersebut dinilai sangat penting.

"Untuk PMK di kota Tual sampai hari ini belum ada, dan untuk memastikan itu kita terus melakukan pemeriksaan, seperti kemarin itu juga kita bekerja sama dengan perhubungan kemudian KP3, syabandar, dan karantina hewan, kami bekerja sama dengan mereka dan melakukan pengawasan lalu lintas ternak yang masuk dari luar kota tual, untuk memastikan ternak yang masuk itu benar-benar harus ternak yang sehat. Jadi kalau memang ada gejala-gejala sakit yang menunjukkan ke arah PMK, pasti kami akan menolak, untuk masuk ke dalam wilayah kota tual, tapi kemarin kami lakukan pemeriksaan kami tidak temukan, maka kami izinkan boleh masuk."

Sekalipun saat ini penyakit mata dan kuku belum terdeteksi di kota tual, tetapi upaya pencegahan terus dilakukan pihaknya, dikarenakan hewan ternak punya kontribusi dalam aspek ekonomi dan kesehatan bagi masyarakat kota tual, tegas dokter hewan asal desa dullah laut ini mengakhiri.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar