Latih Kesiapsiagaan Prajurit, Lanud Dominicus Dumatubun Gelar Latihan PHH

Pasukan Hura-Hara Lanud Dominicus Dumatubun Langgur.jpg
Simulasi penanganan oleh Personil TNI AU (PHH) saat adanya aksi anarkis massa.jpg

KBRN, Langgur: Puluhan warga memaksa masuk kedalam area ring satu Lanud Dominicus Dumatubun yang mencoba menerobos melewati pos tiga penjagaan, Rabu (18/5/2022).

Warga yang mendesak untuk masuk ke lingkungan militer Lanud Dominicus Dumatubun, membawa sejumlah spanduk yang diantaranya bertuliskan “Menuntut Keadilan” dan “Hukum Pelaku Pemukulan dan Kekerasan”.

Tak hanya sebatas itu, para warga ini juga menyuarakan protes dengan suara keras penuh amarah. “Agar pelaku pemukulan terhadap warga yang sebelum nya membuat keonaran dan dalam kondisi mabuk di proses hukum” teriak salah seorang warga yang tidak puas dan meluapkan amarah dan kekesalan nya.

Menanggapi hal tersebut pihak TNI AU Lanud Dominicus Dumatubun mengerahkan personil Pasukan Huru-Hara (PHH) untuk menertibkan dan mengamankan lokasi kejadian. Selang beberapa saat lokasi terjadinya keributan berhasil diamankan dan para warga berhasil ditenangkan.

Peristiwa ini merupakan bagian dari skenario pendudukan  masyarakat yang menerobos Markas Lanud Dominicus Dumatubun yang menuntut keadilan.

Komandan Lanud Dominicus Dumatubun Letkol Pnb Ruli Surya P.S menjelaskan bahwa pelaksanaan latihan ini adalah untuk melatih kemampuan prajurit dalam melaksanakan bantuan pengamanan terhadap Markas Satuan dan perbantuan TNI ke Polri, selain itu tentunya latihan ini juga me-refresh kembali personel Lanud DMN tentang kegiatan Penanggulangan Huru Hara (PHH) yang merupakan salah satu kegiatan OMSP (Operasi Militer Selain Perang). Agar personel Lanud Dominicus Dumatubun selalu siap jika ada permintaan dukungan atau bantuan dari instansi terkait jika terjadi kejadian atau kondisi yang tidak diinginkan dan juga mengantisipasi atau mengecek materil maupun personel untuk sewaktu-waktu siap digerakkan apabila dibutuhkan.

Komandan Lanud Dominicus Dumatubun juga mengharapkan dengan pelaksanaan latihan ini, seluruh personel yang terlibat dalam latihan PHH dapat memahami dan menguasai materi Latihan dan mampu mengendalikan maupun menanggulangi aksi demonstran yang anarkis secara terukur sesuai prosedur yang berlaku, karena tugas kita adalah untuk mem-back up ataupun membantu memulihkan ketertiban jika dibutuhkan. Sehingga apabila dihadapkan dengan situasi yang sebenarnya sudah siap dan mampu menghadapinya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar