Lautan Umat Terima Berkat Sang Uskup.

KBRN, Saumlaki: Motto dalam  tugas kegembalaan atau kepemimpinan di keuskupan ini ialah “Duc in Altum” yang berarti “Bertolaklah ke Tempat yang Dalam, menjadi acuan tugas pelayanan Mgr. Seno Ngutra setelah ditahbiskan 23 April lalu, dan saat ini tengah melakukan kunjungan Kanonik ke Saumlaki  Wilayah Keuskupan Kepulauan Tanimbar dan Maluku Barat daya.

Dalam konteks dan tantangan pastoral yang terus berubah, keuskupan ini mesti terus “bertolak ke tempat yang lebih dalam” demi memperkuat apa yang sudah baik. Mengakomodir apa yang masih tercecer, Bersama-sama, mengakui serta memperbaiki apa yang masih kurang, selain itu  Inisiatif dan penugasan untuk menjadi utusan berasal dari Yesus. Uskup Diosis Amboina Mgr. Seno Ngutra yang tiba di kota Saumlaki dengan menumpagi Maskapai Wings Air pada pukul 10.40 Wit mendapat sambutan hangat dari Bupati Kepulauan Tanimbar dan Forkopimda, para Pastores dari Unio Projo dan Msc, dan dilalui dengan doa adat oleh para tua - tua  adat desa amtufu dan dengan sajian tarian adat dihadiri ribuan umat katolik yang berasal dari Paroki Alusi, Arui, Lorulun, Kota, paroki olilit timur dan barat.

Kunjungan perdana Uskup Seno Ngutra ke Bumi duan lolat, tentunya memberikan kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri bagi umat katolik di Tanimbar, diawali Berkat pada pelataran Bandara Mathilda Batlyaeri, usai tarian penyambutan tersebut, dan dilanjutkan ke kota saumlaki dengan durasi waktu hampir 4 jam melalui jalan trans yamdena lintasan Paroki Santo Petrus Paulus Lorulung hingga ke Kota saumlaki dan acara penyambutan diakhiri pada pukul 14.10 WIT.

Agenda kunjungan selama satu minggu selama berada di Tanimbar dengan jadwal diantaranya, perayaan Episkopal Uskup Baru, yang bertempat di lapangan mandriak saumlaki, Audensi bersama para pastor dan Misa Syukur 5 tahun Kepemimpinan Bupati dan wakil bupati tanggal 18 mei 2022, pemberian sakramen Krisma, pemberkatan pastoran stasi dan beberapa kegiatan penting lainnya.

Misa Episkopal yang dilaksanakan di lapangan mandriak saumlaki dengan tata perayaan inkulturasi Tanimbar dalam memuliakan Tuhan yang digelar Pukul 17.00 Wit dihadiri seluruh umat katolik dan kelompok kategorial gereja termasuk orang muda katolik dan Legionaris of Christ ( Laskar Kristus) yang akan dikawal ketat aparat keamanan dari Unsur TNI/Polri, dan Satpol PP Kepulauan Tanimbar.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar