Dusun Wesawak Siap Jadi Desa.

KBRN, Saumlaki: Pemekaran wilayah Pemerintahan merupakan suatu langkah strategis yang ditempuh oleh Pemerintah untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan tugas Pemerintahan baik dalam rangka pelayanan, pemberdayaan pembangunan menuju terwujudnya suatu tatanan kehidupan masyarakat yang maju, mandiri, sejahtera, adil dan makmur.

Pemekaran wilayah juga merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kemampuan pemerintah daerah dalam memberikan kemudahan layanan Pemerintah sehingga meningkatkan efektifitas penyelenggaraan Pemerintah dan pengelolaan pembangunan Pemerintah Desa.

Dana desa yang digelontorkan pemerintah pusat melalui transfer ke daerah, melalui lembaga keuangan negara yang ada di seluruh pelosok tanah air, tentunya membutuhkan manajemen yang transparan dan akuntabel, untuk menekan penyalahgunaan anggaran itu sendiri, sehingga membutuhkan pengawasan terpadu dari pihak - pihak yang berkompeten, termasuk masyarakat selaku penerima manfaat.

Kepala desa Ilngei Bonefasius Lamere kepada RRI, selasa (17/5/2022) mengatakan, total alokasi dana desa untuk desa ilngei kecamatan tanimbar selatan, yaitu sebesar 2.190.000.000, menjadi dana yang cukup besar dalam pembiayaan pembangunan, baik fisik dan non fisik.

Dikatakan Lamere, alokasi dana sebanyak itu, masih banyak kebutuhan mendasar yang masih terus dibenahi, apalagi dusun Wesawak masih dibawahi Desa Ilngei yang perlu berdiri sendiri menjadi desa defenitif, sehingga kucuran program pembangunan yang terencana diharapkan secara bertahap dapat seoptimal mungkin memberikan dampak positif terhadap kualitas hidup penduduk setempat.

“Pemerintah Kecamatan Tanimbar Selatan, sedang mempersiapkan berbagai kelengkapan dokumen, termasuk dari tingkat kabupaten untuk digabungkan (demerger) dengan pecahan desa lainnya untuk dijadikan kecamatan baru” tutur Lamere.

Lebih lanjut Lamere menandaskan, bidang pendidikan, kesehatan, pertanian dan usaha mikro kecil dan menengah menjadi target pemerintah desa tersebut untuk lebih inovatif memberikan perubahan berarti dalam masa kepemimpinannya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar