Bawa Miras dari Manado, Agen dan ABK KM Barcelona Diamankan Polda Malut

Ratusan Miras dari KM Barcelona Disita Ditsamapta Polda Malut (Dok: Istimewa)

KBRN, Ternate: Direktorat Samapta (Ditsamapta) Polda Maluku Utara (Malut) kembali berhasil mengamankan ratusan miras berbagai jenis yang dipasok dari Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Ratusan kantong miras berbagai jenis tersebut, diamankan Ditsamapta Polda Malut melalui Subditgasum yang dipimpin langsung oleh Iptu Zulkifli Machmud bertempat di dalam Kapal Motor (KM) Barcelona tujuan Manado-Ternate di pelabuhan Ahmad Yani Kota Ternate, Sabtu (21/5/2022).

Selain miras, dalam razia tersebut anggota juga berhasil mengamankan pemilik barang diantaranya adalah agen berinisial F dan dua Anak Buah Kapal (ABK) KM Barcelona berinisial AK serta AN.

Direktur Samapta Polda Malut, Kombes Pol Sukron melalui PS. Kanit II Suditgasum, Iptu Zulkifli Machmud mengatakan, ratusan miras berbagai jenis tersebut diamankan setelah adanya infromasi masyarakat yang diterima bahwa adanya penyelundupan miras dari Manado ke Ternate menggunakan KM Barcelona.

“Kita amankan karena ada infromasi yang kita terima,” ungkapnya.

Menurutnya, giat yang dilakukan tersebut merupakan tindak lanjut instruksi Kapolda Irjen (Pol) Risyapudin Nursin untuk memberantas miras karena merupakan sumber dari segala permasalahan yang terjadi di Malut.

“Miras ini sumber dari segala permasalahan yang terjadi di Malut, makanya pak Kapolda perintahkan supaya memberantas habis miras untuk meminimalisir kejahatan,” tegasnya.

Barang Bukti Cao Tikus dan Bir Diamankan Ditsamapta Polda Malut (Dok: RRI)

Sementara itu, PS Panit Sispamat Subdit Gasum Ditsamapta, Aipda Rusdi Umabahi menambahkan, dari hasil pemeriksaan yang dilakukan, agen dan ABK ini mengakui bahwa miras ini dibawa dari Manado dan akan diedarkan di Ternate dan Sanana.

“Miras ini mereka bawa dengan kapal dan disimpan di dalam palka kapal yang digabungkan dengan sembako, dimana kunci palka kapal ditahan ABK,” jelasnya.

Dirinya merincikan, jumlah miras jenis cap tikus yang daiamankan di KM Barcelona sebanyak 744 botol berukuran besar dan sedang yang dikemas dalam 31 dua Aqua serta satu karton bir bintang botol.

“Agen kapal inisial F miliki 24 botol bir bintang yang akan diedarkan di Ternate dan AK 7 dus Aqua sedang berisi cap tikus sebanyak 168 botol dan sisanya adalah milik AN,” pungkasnya seraya menyampaikan KM Barcelona bertolak dari Manado, Jailolo, Ternate, Sanana dan Ambon.

Dirinya menegaskan, saat ini ketiga pemilik miras tersebut masih menjalani pemeriksaan di ruang Subditgasum Ditsamapta.

Untuk diketahui sebelumnya, anggota juga sempat mengamankan miras di KM Barcelona yang dibawa dari Mando, hanya saja hasil tangkapan pertama dan kedua anggota tidak menemukan pemilik barang haram tersebut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar