FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Mulai Besok, Vaksin Jadi Syarat Bepergian di Pelabuhan Ternate

Ilustrasi Aplikasi Peduli Lindungi (Dok: Antaranews)

KBRN, Ternate: TNI- Polri bersama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) serta Satpol-PP mulai Jumat besok melakukan vaksinasi Kepada masyarakat yang akan melakukan aktivitas bepergian di empat pintu masuk masuk dan keluar melalui pelabuhan di Kota Ternate.

Empat titik pelabuhan yang menjadi lokasi vaksinasi tersebut, masing-masing pelabuhan Semut Mangga Dua, pelabuhan Dufa-Dufa, pelabuhan Ahmad Yani, dan pelabuhan Bastiong Ternate.

"Dalam Razia ini apabila mendapati penumpang angkutan laut yang belum vaksin, maka akan dilakukan vaksinasi di tempat," ungkap Kabid Humas Polda Malut, Kombes Pol Adip Rojikan saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Kamis (25/11/2021).

Dengan kondisi ini Adip meminta masyarakat, agar dapat menyiapkan data diri berupa KTP maupun Kartu Keluarga (KK).

"Resikonya yang tidak membawa kelengkapan KTP maupun KK maka akan kami arahkan kembali ke rumah dan tidak bisa melanjutkan perjalanan," ungkapnya.

Hal tersebut juga berlaku bagi masyarakat yang sudah vaksin agar dapat membuktikan dengan kartu vaksin begitu juga dengan yang memiliki riwayat penyakit, dapat di buktikan dengan surat keterangan dokter yang menyatakan bahwa tidak bisa di vaksinasiKabid juga menegaskan bahwa, pelaksanaan vaksinasi merupakan kewajiban bagi setiap orang ditengah pandemi Covid-19, hal ini sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 14 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Perpres Nomor 99 Tahun 2020.

"Dalam Perpres di sampaikan bahwa, setiap orang yang telah ditetapkan sebagai sasaran penerima vaksin Covid-19 berdasarkan pendataan wajib mengikuti vaksinasi Covid-19. Dikecualikan dari kewajiban bagi sasaran penerima vaksin Covid-19 yang tidak memenuhi kriteria penerima vaksin Covid-19 sesuai dengan indikasi vaksin Covid-19 yang tersedia, kutipan Pasal 13 A Ayat (2) dan (3)," akunya.

Menurut Adip, kebijakan vaksinasi ini merupakan salah satu upaya dalam percepatan vaksinasi di wilayah Malut yang masih rendah.

"Dan vaksinasi saat ini merupakan ikhtiar terbaik di tengah Pandemi Covid-19, tentunya juga dengan tetap disiplin protokol kesehatan," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar